Translasi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis hots / I\'in Triana Agustiningtyas</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Translasi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis hots / I\'in Triana Agustiningtyas</p>

Agustiningtyas, I'in Triana (2024) Translasi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis hots / I\'in Triana Agustiningtyas</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Representasi matematis adalah alat untuk berkomunikasi tentang matematika yang terbagi atas representasi bahasa (lisan dan tulisan) visual dan notasi simbolik/ numerik. Translasi representasi adalah suatu proses menerjemahkan informasi yang tersaji dari representasi sumber ke representasi target melalui empat tahapan translasi meliputi unpacking the source (membongkar sumber) preliminary coordination (koordinasi awal) constructing the target (mengonstruksi target) dan determining equivalence (menentukan kesesuaian). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan translasi representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis HOTS yang memuat translasi representasi verbal ke grafik dan verbal ke simbolik. Data yang dikumpulkan yaitu hasil tes translasi representasi matematis dan hasil wawancara. Penelitian dilaksanakan di kelas X-1 SMAN 1 Situbondo tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 36 peserta didik. Berdasarkan hasil tes terdapat 1 peserta didik yang memenuhi kriteria I 9 peserta didik memenuhi kriteria II sedangkan 26 peserta didik lainnya tidak memenuhi kedua kriteria tersebut selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi secara lisan terkait hasil pekerjaan peserta didik kemudian dipilih 2 peserta didik sebagai subjek penelitian yang teridiri dari 1 peserta didik kriteria I dan 1 peserta didik kriteria II. Subjek yang terpilih harus dapat menjelaskan hasil pekerjaannya dengan baik serta berdasarkan pertimbangan guru matematika kelas X-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis HOTS subjek penelitian telah melalui empat tahapan translasi representasi. Aktivitas yang dilakukan subjek pada tahap unpacking the source adalah menggaris bawahi kata-kata kunci serta menuliskan kembali informasi yang dirasa perlu dengan bahasanya sendiri. Selain itu untuk memvisualisasikan masalah verbal subjek juga menyertakan tabel sehingga memudahkannya untuk melihat keterkaitan setiap informasi. Aktivitas yang dilakukan subjek pada tahap preliminary coordination adalah membentuk model matematika berdasarkan informasi yang diperoleh kemudian mengolaborasikan pemahaman yang dimiliki. Analogi yang dibentuk oleh subjek sudah sesuai dengan apa yang diminta pada permasalahan. Aktivitas ini dalam HOTS termasuk menganalisis. Aktivitas yang dilakukan subjek pada tahap constructing the target adalah mengonstruksi dan mengabstraksi permasalahan dengan membertimbangkan hasil perhitungan yang diperoleh pada tahap sebelumnya Subjek berhasil dalam mengeksekusi ide dan strategi yang telah ditentukan pada tahap sebelumnya sehingga diperoleh solusi yang tepat. Aktivitas ini dalam HOTS termasuk mencipta. Aktivitas yang dilakukan subjek pada tahap determining equivalence adalah membaca kembali permasalahan kemudian memeriksa kembali ide dasar saat memahami informasi selanjutnya memeriksa hasil perhitungan yang sudah dilakukan dengan cara melakukan pengulangan perhitungan sampai diperoleh hasil akhir yang diyakini benar. Pada situasi ini subjek memeriksa kesesuian konsep dan ide-ide antara representasi sumber dan representasi target yang telah diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Aktivitas ini dalam HOTS disebut mengevaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322799

Actions (login required)

View Item View Item