Hamidah, Iffah Nur (2023) Berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam pemecahan masalah pada materi bangun datar ditinjau dari gender / Iffah Nur Hamidah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir kreatif adalah suatu proses di mana seseorang menciptakan gagasan atau ide-ide baru untuk memecahkan masalah. Proses ini melibatkan kemampuan individu untuk mengidentifikasi menganalisis dan mengevaluasi argumen atau informasi yang sudah ada. Tujuan Penelitian ini yaitu mendeskripsikan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam pemecahan masalah pada bangun datar ditinjau dari gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Malang pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII yang sudah menempuh materi bangun datar. Subjek penelitian terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematis tinggi siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematis sedang serta siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematis rendah. Keenam subjek yang terpilih kemudian diberikan soal tes dan wawancara untuk mengetahui berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah bangun datar berdasarkan indikator berpikir kreatif pada penelitian ini yaitu kefasihan (fluency) keluwesan (flexibility) dan kebaruan (novelty). Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Instrumen pendukung adalah lembar tes pedoman wawancara dan lembar validasi. Hasil dari penelitian ini adalah pada indikator kefasihan (fluency) ini siswa laki-laki berkemampuan matematis tinggi dan sedang serta siswa perempuan berkemampuan matematis tinggi sedang dan rendah yang dapat membuat gambar bangun datar yang beragam dengan besar ukuran yang sama. Pada indikator keluwesan (flexibility) ini siswa laki-laki berkemampuan matematis tinggi dan siswa perempuan berkemampuan matematis tinggi dan sedang yang dapat memberikan keragaman alternatif penyelesaian masalah keliling dan luas bangun datar. Pada indikator kebaruan (novelty) ini hanya siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematis tinggi yang dapat membuat gambar unik atau baru berbeda atau pemecahan suatu masalah yang tidak biasa dilakukan oleh siswa lainnya pada tingkat pengetahuannya. Dari ketiga indikator tersebut berpikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar dengan berkemampuan matematis tinggi. Siswa berkemampuan matematis tinggi akan lebih mudah memahami suatu masalah yang disajikan langsung dalam bentuk simbol matematika atau bentuk cerita.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |