Pemodelan matematika siswa berdasarkan pendekatan onto semiotik dan ditinjau dari gaya kognitif / Ana Mar\'atus Sholichah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemodelan matematika siswa berdasarkan pendekatan onto semiotik dan ditinjau dari gaya kognitif / Ana Mar\'atus Sholichah</p>

Sholichah, Ana Mar'atus (2024) Pemodelan matematika siswa berdasarkan pendekatan onto semiotik dan ditinjau dari gaya kognitif / Ana Mar\'atus Sholichah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemodelan matematika merupakan topik krusial dalam pendidikan matematika kerana relevan dengan partisipasi siswa dalam kehidupan sosial dan profesional. Dalam konteks pemodelan matematika siswa tidak hanya diminta untuk memahami masalah yang dihadapi tetapi juga untuk menerapkan pengetahuan matematika yang mereka miliki agar dapat menyelesaikan masalah tersebut secara efektif. Kemampuan memodelkan atau menyelesaikan masalah dunia nyata mengharuskan siswa melakukan transfer pengetahuan yang menantang antara dunia nyata dan konsep matematika. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VIII MTs Bahrul Huda belum mampu melakukan pemodelan matematika dalam menyelesaikan masalah dan kesulitan dalam membangun model matematika. Hasil ini diketahui berdasarkan jawaban tes dengan sebuah masalah kontekstual yang diberikan kepada 30 siswa pada materi phyagoras. Kesulitan siswa dalam melakukan pemodelan matematika terletak pada penggunaan simbol-simbol yang ada dalam matematika dan merupakan objek matematika. Sedangkan pendekatan pemecahan masalah yang memperihatikan objek matematika adalah pendekatan onto semiotik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemodelan matematika siswa berdasarkan pendekatan onto semiotik dan ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini dilakukan di MTs Bahrul Huda Kalipare pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 4 orang siswa yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya field dependent. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes GEFT yang dilakukan pada siswa kelas VIII-A. Keempat subjek yang terpilih kemudian diberikan soal tes pemodelan matematika dan wawancara untuk mengetahui pemodelan matematika siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan pendekatan onto semiotik. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Instrumen pendukung adalah lembar tes pedoman wawancara dan lembar validasi dan alat perekam. Hasil penelitian ini menunjukkan pemodelan matematika subjek gaya koginitf field dependent (FD) mampu menggunakan objek matematika secara lengkap Sedangkan subjek gaya kognitif field independent (FI) belum mampu menggunakan objek konsep pada langkah membangun model matematika. Kedua subjek memiliki kemampuan yang sama dalam penggunaan objek bahasa dan prosedur. Siswa FD lebih unggul dalam menggunakan objek proposisi. Siswa dengan gaya kognitif FI lebih unggul dalam menggunakan objek konsep komputasi dan argument. hal ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh lebih baik. Penggunaan objek matematika dalam melakukan pemodelan matematika dari kedua subjek memiliki karakteristik yang berbeda. Siswa FD memiliki kemampuan pemodelan matematika dengan kategori baik meskipun mengalami kesalahan dalam menggunakan sifat matematika dan karakteristik dalam peneyelesaian masalahnya cenderung mengatakan dan lebih memilih memaparkan hasil penyelesaiannya dengan kata-kata untuk menunjukkan bagaimana proses penyelesaian yang dilakukan. Siswa FI memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik dan karekteristik dalam penyelesaian masalahnya cenderung lebih singkat dalam memaparkan hasil jawaban dan lebih memilih menggunakan simbol matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322796

Actions (login required)

View Item View Item