Berpikir kritis siswa smp dalam menyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan tingkat efikasi diri / Laurentcia Noviafta Widya</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir kritis siswa smp dalam menyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan tingkat efikasi diri / Laurentcia Noviafta Widya</p>

Widya, Laurentcia Noviafta (2023) Berpikir kritis siswa smp dalam menyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan tingkat efikasi diri / Laurentcia Noviafta Widya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi berdasarkan tingkat efikasi diri mereka. Penelitian ini pada tingkat SMP dan mendalami aspek-aspek berpikir kritis seperti interpretasi analisis inferensi evaluasi penjelasan dan regulasi diri dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada soal AKM Numerasi pada Asesmen Nasional. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMPK Mardi Wiyata Malang. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII di SMPK Mardi Wiyata Malang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket efikasi diri matematis tes kemampuan berpikir kritis soal AKM dan wawancara. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tingkat efikasi diri siswa dalam menyelesaikan soal AKM pada tiap kelompok tingkat efikasi diri. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan efikasi diri yang lebih tinggi memenuhi lebih banyak aspek berpikir kritis dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum. Perbedaan domain AKM pada soal yang ditampilkan menyebabkan perbedaan pemenuhan indikator berpikir kritis pada siswa. Pada masalah 1 siswa dengan kemampuan efikasi diri rendah memenuhi indikator interpretasi inferensi evaluasi dan penjelasan. Sedangkan siswa dengan efikasi diri sedang memenuhi indikator interpretasi inferensi evaluasi penjelasan dan regulasi diri. Siswa dengan efikasi diri tinggi memenuhi semua indikator berpikir kritis yaitu interpretasi analisis inferensi evaluasi penjelasan dan regulasi diri. Sedangkan pada masalah 2 tes kemampuan berpikir kritis AKM seluruh indikator berpikir kritis dipenuhi oleh siswa yang memiliki efikasi diri tinggi. Subjek dengan efikasi diri sedang memenuhi 4 indikator berpikir kritis meskipun pemenuhan indikator dari kedua subjek berbeda. Subjek dengan efikasi diri rendah hanya memenuhi satu indikator berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah 2 yaitu indikator interpretasi. Temuan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan secara bersamaan meningkatkan tingkat efikasi diri mereka dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang pentingnya memperhatikan efikasi diri siswa dalam upaya mengembangkan keterampilan berpikir kritis untuk asesmen kompetensi minimum di tingkat SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322795

Actions (login required)

View Item View Item