Melati, Rosevita (2023) Proses berpikir komputasi siswa pada materi barisan deret aritmetika ditinjau dari kecerdasan majemuk / Rosevita Melati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada Abad ke-21 teknologi digital berkembang dengan cepat dalam segala aspek kehidupan. Hal ini ditandai dengan informasi menyebar dengan cepat teknologi yang digunakan semakin canggih dan otomatisasi penggunaan mesin mampu menjangkau segala pekerjaan rutin. Perkembangan teknologi digital secara pesat juga berdampak pada bidang pendidikan sehingga siswa memerlukan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah. Salah satu keterampilan penting untuk melatih keterampilan memecahkan masalah adalah berpikir komputasi. Dengan memiliki kemampuan berpikir komputasi siswa akan memiliki keterampilan memecahkan masalah yang rumit dengan kritis dan efektif. Berpikir komputasi dapat dipengaruhi oleh gaya berpikir keberhasilan akademik dan sikap terhadap matematika. Gaya berpikir siswa dapat dikembangkan dari kecerdasan majemuk yang dimilikinya. Kecerdasan majemuk yang berbeda-beda ditunjukkan oleh siswa di sekolah. Menurut Gardner kecerdasan majemuk memandang siswa sebagai individu yang unik. Hal tersebut membuat siswa dengan kecerdasan majemuk yang berbeda-beda memiliki proses berpikir komputasi yang berbeda. Penelitian ini mengkaji proses berpikir komputasi siswa kelas XI IPA 8 SMA Katolik St. Albertus Malang yang memiliki kecerdasan majemuk beragam secara deskriptif kualitatif. Siswa kelas XI IPA SMA Katolik St. Albertus terdiri dari 26 siswa selanjutnya seluruh siswa diberikan soal tes untuk proses pengambilan data. Sedangkan subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan pertimbangan tertentu yaitu hasil angket kecerdasan majemuk dan hasil penyelesaian masalah pada soal tes hingga selesai. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut terambil 6 subjek penelitian meliputi dua subjek dengan kecerdasan verbal linguistik dua subjek dengan kecerdasan visual spasial dan dua subjek dengan kecerdasan logis matematis. Selanjutnya data penelitian dianalisis melalui triangulasi data dideskripsikan dan disimpulkan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan secara umum siswa dengan tiga kecerdasan majemuk tersebut mampu melakukan proses berpikir komputasi untuk menyelesaikan masalah soal tersebut. Akan tetapi setiap jenis kecerdasan majemuk memiliki karakteristik yang berbeda dengan kecerdasan majemuk lainnya. Ada tiga karakteristik proses berpikir komputasi siswa sebagai berikut Pertama siswa dengan kecerdasan verbal linguistik memiliki proses berpikir komputasi yang tidak runtut tidak lengkap dan tidak sistematis. Proses dekomposisi abstraksi dan generalisasi dilakukan dengan tidak runtut dan tidak lengkap. Siswa kurang mampu menuliskan informasi yang diketahui dalam soal sehingga proses generalisasi tidak sistematis. Kedua siswa dengan kecerdasan visual spasial memiliki proses berpikir komputasi yang runtut lengkap dan tidak sistematis. Pada tahap dekomposisi abstraksi dan generalisasi dilakukan secara runtut dan lengkap sesuai dengan kemampuannya yang berkaitan dengan gambar. Proses algoritma tampak siswa cenderung menyelesaikan masalah menggunakan pola yang ada sehingga langkah penyelesaian kurang sistematis. Ketiga siswa dengan kecerdasan logis matematis memiliki proses berpikir komputasinya runtut lengkap dan sistematis. Proses dekomposisi abstraksi dan generalisasi dilakukan secara runtut dan lengkap sesuai dengan konsep yang sudah diajarkan bahkan ada salah satu siswa yang dapat menggeneralisasi rumus menggunakan bahasanya sendiri. Proses algoritma berlangsung langkah demi langkah secara sistematis dan dilengkapi dengan proses debugging.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |