Zuliati, Sulis Dwi (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web yang mendukung keterampilan 4c pada materi sistem persamaan linear tiga variabel / Sulis Dwi Zuliati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang pesat sejalan dengan berkembangnya kebutuhan hidup. Kemajuan secara pesat teknologi ini juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Oleh karena itu peserta didik membutuhkan proses pembelajaran yang dapat mendukung mereka untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di era revolusi 4.0 ini. Pembelajaran yang ideal di era 4.0 adalah pembelajaran abad 21 pembelajaran ini adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran abad 21 lebih dikenal dengan 4C rsquo s atau Keterampilan 4C terdiri dari empat kecakapan diantaranya adalah Critical Thinking Skills Communication Collaboration dan Creativity Thinking Skills. Peserta didik diharapkan mempunyai keempat keterampilan ini sebagai bekal menghadapi tantangan yang kompleks di masa depan. Media pembelajaran berbasis web ialah satu diantara banyak media pembelajaran yang mengandung unsur penggunaan digital. Web adalah kumpulan halaman web (web page) yang memuat informasi berupa teks audio animasi data video gambar ataupun gabungan semuanya dalam satu domain yaitu berada di dalam WWW (World Wide Web) yang ada di internet. Pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan khusus untuk peserta didik dapat menjadi alat atau media yang secara efektif dapat membantu mereka belajar dan menumbuhkan keterampilan matematika yaitu keterampilan dalam menyelesaikan masalah menalar komunikasi koneksi dan representasi. Sehingga dalam pembelajaran matematika pun berkaitan erat dengan keterampilan 4C. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode Four-D (4D). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web yang mendukung Keterampilan 4C pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari angket validasi angket respons serta instrumen uji efektivitas. Subjek penelitian sebanyak 22 peserta didik yang sedang atau sudah menempuh materi SPLTV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil validasi ahli pembelajaran dan praktisi diperoleh rata-rata 3 50 dan 3 83 sehingga media pembelajaran berbasis web yang mendukung Keterampilan 4C ini valid serta layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan data hasil angket respons yang diberikan oleh peserta didik diperoleh rerata 3 42 sehingga media pembelajaran berbasis web yang mendukung Keterampilan 4C ini dinyatakan valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi SPLTV. Keefektifan media ini diperoleh dari hasil uji kompetensi dan observasi selama pembelajaran. Adapun hasil tersebut peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 81 82%. Pada lembar observasi untuk keterampilan collaboration diperoleh rerata secara keseluruhan 3 56 sehingga dikategorikan terampil dalam berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman kelas. Pada lembar observasi untuk lembar communication diperoleh rerata 3 5 sehingga dikategorikan terampil dalam 76 berkomunikasi dan menyampaikan hasil pekerjaannya baik kepada teman kelompok maupun teman kelas. Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis web yang mendukung Keterampilan 4C pada materi sistem persamaan linear tiga variabel ini dalam kategori efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322792 |
Actions (login required)
View Item |