Wahyuningtiyas, Kharisma (2023) Keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar berdasarkan kemampuan matematika. program studi S2 pendidikan matematika / Kharisma Wahyuningtiyas</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada pembelajaran matematika siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis adalah proses berpikir dalam menggabungkan pengetahuan yang ada dengan pengetahuan sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan kompetensi kognitif seperti memodifikasi menganalisis evaluasi mempertanyakan dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap informasi. Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir pada level yang kompleks dengan menggunakan tahap Interpretation yaitu untuk memahami dan mengungkapkan makna dari suatu masalah Analysis untuk mengidentifikasi hubungan antara pernyataan pernyataan konsep atau bentuk lain representasi untuk menjelaskan informasi Evaluation untuk menilai kreadibilitasi dari pernyataan atau representasi Inference untuk mengidentifikasi unsur-unsur yang diperlukan untuk menarik kesimpulan Explanation untuk membenarkan alasan dalam mengambil keputusan dan Regulation untuk memantau aktivitas kognitif seseorang dengan menerapkan analisis dan evaluasi dengan maksud mengkonfirmasi hasil yang didapat. Kemampuan matematika adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah matematika yang bisa diselidiki dari hasil ujian harian dan tugas-tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah bangun datar berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Malang pada kelas akselerasi yang terdiri dari 30 siswa. Penentuan subjek berdasarkan kemampuan matematika yaitu 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi 1 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah yang diambil dari 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Dimana peneliti memberikan soal tes berpikir kritis kepada siswa selanjutnya peneliti melakukan wawancara terhadap subjek dengan pedoman wawancara yang telah disiapkan. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat beberapa tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan kemampuan matematika berbeda-beda. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi cenderung melalui semua tahapan keterampilan berpikir kritis sehingga S1 dengan kemampuan matematika tinggi termasuk kategori siswa yang berpikir kritis S2 dengan kemampuan matematika sedang hanya mampu melalui komponen Interpretation yaitu mampu mengidentifikasi masalah mengetahui maksud yang diinginkan di dalam soal mampu mengetahui informasi yang tersirat yang terdapat dalam soal akan tetapi masih belum tepat dan dapat mempresentasikan soal kedalam sketsa gambar baru dan pada tahap Evaluation mampu menjalankan rencana berdasarkan informasi yang terdapat dalam soal secara runtut dan benar sehingga S2 dengan kemampuan matematika sedang termasuk kategori siswa yang cukup kritis sedangkan S3 dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu melalui tahap Interpretation sehingga S3 mampu mengidentifikasi masalah mengetahui maksud yang diinginkan di dalam soal mampu mengetahui informasi tetapi belum mengetahui informasi tersirat dalam soal dan dapat mempresentasikan soal kedalam sketsa gambar sehingga S3 dengan kemampuan matematika rendah termasuk kedalam kategori siswa yang kurang kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322790 |
Actions (login required)
View Item |