Proses berpikir kreatif geometris siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan dalam menyelesaikan masalah open ended materi segi empat / Aulia Nurfitriya</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir kreatif geometris siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan dalam menyelesaikan masalah open ended materi segi empat / Aulia Nurfitriya</p>

Nurfitriya, Aulia (2023) Proses berpikir kreatif geometris siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan dalam menyelesaikan masalah open ended materi segi empat / Aulia Nurfitriya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurfitriya Aulia. 2022. Proses Berpikir Kreatif Geometris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan dalam Menyelesaikan Masalah Open ended Materi Segi Empat. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Abdur Rahman As rsquo ari M.Pd. M.A (II) Dr. Sisworo S.Pd. M.Si Kata Kunci proses berpikir kreatif geometri open ended segi empat. Arus globalisasi yang semakin tidak terbendung mengharuskan peningkatan kualitas pada berbagai aspek pendidikan saat ini. Seiring dengan situasi yang terjadi tersebut dunia pendidikan harus berbenah diri menuju peningkatan sumber daya manusia yang memiliki daya kreativitas tinggi. Hal tersebut masih terkendala pada proses pembelajaran oleh guru matematika yang cenderung masih memiliki prinsip teacher center sehingga peran guru mendominasi dalam kegiatan belajar-mengajar sehingga banyak ditemukan kasus siswa yang cenderung pasif dan kurang kreatif ketika menghadapi permasalahan matematis yang dikontekstualisasikan dengan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu perlu adanya pembenahan pada implementasi pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada proses berpikir kreatif matematis siswa melalui implementasi materi geometri. Hal ini dilandasi oleh pendapat bahwa geometri merupakan salah satu materi dalam matematika yang dipelajari di semua jenjang pendidikan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan yakni melalui pembiasaan menggunakan soal-soal latihan yang berbasis open ended. Pemberian soal open-ended akan merangsang kreativitas siswa karena memicu munculnya proses berpikir untuk menemukan jawaban benar dalam berbagai cara. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kreatif geometris siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan dalam menyelesaikan masalah open ended materi segi empat.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan data tertulis berupa hasil jawaban siswa pada penyelesaian permasalahan open ended materi segi empat berbantuan soal-soal PISA. Instrumen yang digunakan untuk membantu peneliti dalam mengumpulkan data di antaranya lembar penugasan berbasis open ended lembar instrumen wawancara dan instrumen kunci. Data yang telah diuraikan kemudian dikaji dan disajikan secara ringkas untuk menjawab pertanyaan penelitian. Pada penelitian ini subjek 1 (S1) dan subjek 2 (S2) merupakan siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 yaitu sangat kreatif dalam menyelesaikan masalah open ended soal PISA. S1 dan S2 memenuhi tiga indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran fleksibilitas dan kebaruan. Proses berpikir kreatif siswa tingkat kemampuan berpikir kreatif 3 (kreatif) ditemukan pada subjek 3 (S3) dan subjek 4 (S4). S3 dan S4 memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran dan fleksibilitas. Subjek 5 (S5) dan subjek 6 (S6) merupakan subjek yang mewakili dari siswa dengan kategori cukup kreatif dalam menyelesaikan masalah open ended. S5 dan S6 memenuhi salah satu indikator berpikir kreatif yaitu indikator berpikir kreatif fleksibilitas untuk S5 dan kebaruan untuk S6. Dalam hal ini S5 dan S6 hanya mendapatkan 2 jawaban sehingga kedua subjek tidak memenuhi indikator kelancaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322788

Actions (login required)

View Item View Item