Raharjo, Eko Yandi (2023) Commognitive siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gender. Tesis. Departemen Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang / Eko Yandi Raharjo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Commognitive merupakan suatu proses dalam menyelesaikan masalah yang melibatkan gabungan komunikasi dan kognitif secara bersamaan. Untuk melihat proses commognitive siswa dalam menyelesaikan masalah digunakan empat komponen commognitive yaitu word use visual mediator narrative. dan routine. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskprisikan proses commognitive siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gender. Gender adalah perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam peran fungsi hak tanggung jawab dan perilaku yang dibentuk oleh tata nilai sosial budaya. Penelitian dilaksanakan dengan subjek penelitian empat siswa kelas VIII yang telah mempelajari konsep statistika. Data yang dikumpulkan yaitu uji soal tes masalah dan hasil waawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji tes soal pada masalah statistika dan pedoman wawancara. Analisis data difokuskan pada empat komponen commognitive yang kemudian di kategorikan sesuai dengan gender. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa commognitive siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah word use muncul pada tahap membaca dan berfikir dan tahap melihat kembali saat siswa laki-laki menuliskan informasi yang didapat dari masalah dengan kata yang singkat dan kurang jelas tujuannya. Komponen commognitive berupa visual mediator dan terlihat pada tahapan mengeskplorasi dan merencanakan tahap memilih suatu strategi dan tahap melihat kembali untuk merepresentasikan masalah kedalam bentuk simbol meskipun kurang detail dan rapi. Komponen commognitive yakni narrative dan dapat terlihat pada tahap memilih suatu strategi dan tahap melihat kembali berupa penggunaan rumus mean (rata-rata) tersebut secara tepat dan benar untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Komponen commognitive berupa routine dan terlithat pada tahap menyelesaikan masalah dan tahap melihat kembali. Langkah-langkah yang dituliskan oleh subjek laki-laki dalam menyelesaikan masalah yang dilakukan sudah benar dan dengan menggunakan strategi coba-coba pada masalah 1. Commognitive siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah word use muncul pada tahap membaca dan berfikir dan tahap melihat kembali saat siswa perempuan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Komponen commognitive yakni visual mediator dan terlihat pada tahapan mengeskplorasi dan merencanakan tahap memilih suatu strategi dan tahap melihat kembali untuk merepresentasikan masalah kedalam bentuk simbol. Komponen commognitive yakni narrative dan dapat terlihat pada tahap memilih suatu strategi dan tahap melihat kembali berupa menyebutkan penggunaan rumus mean (rata-rata) tersebut secara tepat dan benar akan tetapi lupa tidak menuliskan pada penyelesaian masalah. Komponen commognitive yakni routine dan terlithat pada tahap menyelesaikan masalah dan tahap melihat kembali.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |