Ikhwani, Anggraini Dwi (2023) Aktivitas metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif / Anggraini Dwi Ikhwani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemecahan masalah mempunyai peran penting dalam pembelajaran matematika. Adanya pemecahan masalah dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan pemikiran yang logis membangun ide matematika dan mengembangkan kemampuan berpikir matematis. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses memecahkan masalah matematika adalah metakognitif. Metakognitif memiliki peranan penting dalam setiap level pemecahan masalah matematika. Metakognitif dalam pemecahan masalah membantu untuk mengenali adanya masalah yang perlu diselesaikan untuk melihat masalah yang sebenarnya dan untuk memahami bagaimana cara menemukan solusinya. Tingkat kesadaran siswa dalam pemecahan masalah akan berbeda-beda dikarenakan setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam mengolah dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diamati di lapangan secara menyeluruh spesifik dan mendalam. Penelitian ini dilakukan pada salah satu kelas VII di MTsN 1 Kediri. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan subjek penelitian mempertimbangkan berdasarkan kecenderungan gaya kognitif reflektif atau impulsif yang dimiliki siswa dan kelancaran dalam berkomunikasi serta mengemukakan gagasan atau ide-ide dalam memecahkan masalah matematika. Instrumen penelitian yaitu Matching Familiar Figure Test (MFFT) yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan gaya kognitif yang dimiliki siswa soal pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan MFFT kepada seluruh siswa dalam satu kelas. Berdasarkan hasil MFFT dan rekomendasi dari guru matematika MTsN 1 Kediri terpilih 2 subjek dengan gaya kognitif reflektif dan 2 subjek dengan gaya kognitif impulsif yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Langkah selanjutnya adalah peneliti memberikan soal pemecahan masalah secara bergiliran. Subjek penelitian selama mengerjakan soal tes diminta untuk melakukan think aloud agar peneliti memahami apa yang dipikirkan subjek selama menyelesaikan soal pemecahan masalah. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara kepada subjek penelitian berdasarkan hasil pengerjaan mereka. Peneliti merekam dalam bentuk video semua kegiatan yang dilakukan selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya kognitif reflektif mengalami aktivitas metakognitif awareness pada tahap memahami masalah dimana subjek memikirkan kembali informasi yang diketahui dan ditanya dalam masalah ditandai dengan terdiam sejenak dan membaca ulang masalah. Subjek mengalami aktivitas metakognitif evaluation pada tahap membuat rencana dimana subjek memikirkan kembali rencana yang digunakannya untuk memecahkan masalah sudah benar atau belum yang ditandai dengan terdiam sejenak. Subjek mengalami aktivitas metakognitif regulation pada tahap melaksanakan rencana dimana subjek memikirkan kembali langkah-langkah dalam memecahkan masalah yang ditandai dengan terdiam sejenak membaca ulang masalah menyadari letak kesalahan perhitungannya dan mencoret jawaban yang salah lalu membuat catatan kecil untuk menghitung ulang jawabannya serta menuliskan hasil perhitungan yang benar. Pada tahap melaksanakan rencana subjek juga mengalami aktivitas metakognitif regulation dimana subjek memikirkan kembali keefektifan cara yang digunakan dalam memecahkan masalah ditandai dengan terdiam sejenak lalu mengungkapkan efektivitas cara yang digunakan. Subjek mengalami aktivitas metakognitif evaluation pada tahap memeriksa kembali dimana subjek memikirkan kembali hasil jawaban yang didapat dengan cara memeriksa kembali yang ditandai dengan terdiam sejenak lalu memeriksa jawabannya dengan memastikan bahwa jawabannya sudah menjawab pertanyaan pada masalah memastikan bahwa hitungannya sudah benar dan memastikan menggunakan rumus yang benar serta subjek dapat mengungkapkan penilaiannya mengenai kebenaran dari jawaban yang dimilikinya dengan membuktikan letak kesalahan dari kedua jawaban yang lain sehingga membuat subjek semakin yakin dengan kebenaran dari jawaban yang dimilikinya. Subjek dengan gaya kognitif impulsif mengalami aktivitas metakognitif awareness pada tahap memahami masalah dimana subjek memikirkan kembali informasi yang diketahui dan ditanya dalam masalah ditandai dengan terdiam sejenak dan membaca ulang masalah. Subjek mengalami aktivitas metakognitif evaluation pada tahap membuat rencana dimana subjek memikirkan kembali rencana yang dipakai dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ditandai dengan terdiam sejenak. Subjek tidak mengalami aktivitas metakognitif regulation pada tahap melaksanakan rencana dimana subjek tidak memikirkan kembali langkah-langkah dalam memecahkan masalah yang ditandai dengan tidak menyadari kesalahannya dalam menghitung sehingga mengakibatkan kesalahan pada hasil akhirnya. Pada tahap melaksanakan rencana subjek juga tidak mengalami aktivitas metakognitif regulation dimana subjek tidak memikirkan kembali keefektifan cara yang digunakan dalam memecahkan masalah ditandai dengan tidak dapat mengungkapkan efektivitas cara yang digunakan. Subjek tidak mengalami aktivitas metakognitif evaluation pada tahap memeriksa kembali dimana subjek tidak memikirkan kembali hasil jawaban yang didapat dengan cara memeriksa kembali yang ditandai dengan langsung mengumpulkan lembar jawaban serta subjek tidak dapat mengungkapkan penilaiannya mengenai kebenaran dari jawaban yang dimilikinya dengan membuktikan letak kesalahan dari kedua jawaban yang lain sehingga tidak dapat mengetahui jawaban yang dimilikinya sudah benar atau belum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |