Keterampilan noticing guru terhadap proses pemecahan masalah matematika siswa tingkat SMP / Siti Badiah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan noticing guru terhadap proses pemecahan masalah matematika siswa tingkat SMP / Siti Badiah</p>

Badiah, Siti (2024) Keterampilan noticing guru terhadap proses pemecahan masalah matematika siswa tingkat SMP / Siti Badiah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterampilan guru khususnya keterampilan noticing guru terhadap proses pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan adalah jawaban siswa dan pedoman wawancara. Jawaban siswa diperoleh dari siswa kelas VIII SMP. Siswa yang terlibat adalah empat siswa yang memenuhi kriteria. Subjek penelitian melibatkan 1 kelompok calon guru (terdiri dari tiga mahasiswa PPG prajabatan) dan 2 kelompok guru (terdiri dari tiga guru junior dan tiga guru senior). Instrumen jawaban siswa diberikan kepada setiap guru yang kemudian dianalisis oleh masing-masing guru. Analisis yang dilakukan guru tentang cara siswa memecahkan masalah berdasarkan pertanyaan yang diajukan selama wawancara. Langkah-langkah yang diambil siswa untuk memecahkan masalah mengacu dengan langkah-langkah yang dikembangkan oleh Polya. Peneliti menganalisis tentang keterampilan noticing guru yang meliputi tiga tahap yaitu attending interpreting dan responding. Keterampilan attending guru dengan merinci langkah-langkah atau strategi yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah matematika dan menunjukkan atau mengecek kesalahan miskonsepsi dan keunikan jawaban siswa. Keterampilan interpreting guru melibatkan membangkitkan gagasan (generating ideas) mengklarifikasi gagasan (clarifying ideas) dan mengevaluasi kelayakan gagasan (assessing the reasonableness of ideas). Keterampilan responding guru dengan melakukan tindakan umum (berupa tindakan menjelaskan ulang materi tindakan mendukung/membimbing dan tindakan mengapresiasi siswa) serta memberikan contoh masalah yang lebih sederhana atau masalah lanjutan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok calon guru dan kelompok guru senior melakukan keterampilan attending pada proses pemecahan masalah dengan merinci langkah-langkah atau strategi yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah matematika dan menunjukkan atau mengecek kesalahan miskonsepsi dan keunikan jawaban siswa. Sedangkan kelompok guru junior melakukan keterampilan attending menunjukkan atau mengecek kesalahan miskonsepsi dan keunikan jawaban siswa. Kelompok guru merinci langkah-langkah atau strategi sesuai yang digunakan oleh siswa. Kelompok calon guru dan guru junior melakukan keterampilan interpreting terhadap proses pemecahan masalah matematika dengan membangkitkan mengklarifikasi dan mengevaluasi kelayakan gagasan. Sedangkan kelompok guru senior hanya membangkitkan dan mengklarifikasi gagasan berdasarkan pemahaman siswa. Selanjutnya seluruh kelompok guru melakukan keterampilan responding dengan tindakan umum (berupa tindakan menjelaskan ulang materi tindakan mendukung/membimbing dan tindakan mengapresiasi siswa) serta memberikan contoh masalah yang lebih sederhana atau masalah lanjutan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322782

Actions (login required)

View Item View Item