Komunikasi matematis tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika ditinjau dari gaya belajar / Oki Ulyani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunikasi matematis tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika ditinjau dari gaya belajar / Oki Ulyani</p>

Ulyani, Oki (2023) Komunikasi matematis tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika ditinjau dari gaya belajar / Oki Ulyani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi matematis merupakan kemampuan individu dalam mengungkapkan dan menerima gagasan atau ide matematika yang melibatkan dua orang atau lebih. Terdapat dua jenis komunikasi matematis yaitu komunikasi lisan dan tulis. Fokus dalam penelitian ini adalah komunikasi matematis tulis. Komunikasi matematis tulis adalah kemampuan siswa dalam mengutarakan gagasan atau ide matematikanya secara tulis yang berupa penulisan simbol notasi matematika merepresentasikan ilustrasi secara visual seperti grafik diagram gambar dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan tiga aspek komunikasi tulis yakni aspek menulis (writing) ekspresi matematis (mathematical expression) dan menggambar (drawing). Komunikasi matematis termasuk salah satu dari delapan capaian literasi matematika. Dengan adanya komunikasi matematis siswa dapat memodelkan menerapkan dan menginterpretasikan serta mengevaluasi permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan matematika hal ini disebut dengan literasi matematika. Literasi matematika memiliki empat konten dalam pembelajaran yakni konten bilangan (quantity) perubahan dan hubungan atau aljabar (change and relationship) ruang dan bentuk atau geometri (space and shape) dan kepastian dan data atau statistika (uncertainty and data). Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada kelas tujuh di SMP Plus Hidayatul Mubtadi rsquo in Singosari menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada dua konten yakni konten ruang dan bentuk atau geometri (space and shape) dan ketidakpastian dan data atau statistika (uncertainty and data) dengan tiga gaya belajar yang berbeda. Tiga tipe gaya belajar pada penelitian ini adalah gaya belajar visual auditori dan kinestetik. Sehingga tujuan peneliti berfokus mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa menyelesaikan soal literasi matematika yang ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa yang terdiri dari dua gaya belajar visual dua gaya belajar auditori dua gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes gaya belajar tes literasi matematika secara tertulis wawancara. Tes gaya belajar digunakan untuk mengetahui perbedaan tiga tipe gaya belajar visual auditori dan kinestetik pada masing-masing siswa. Tes literasi matematika tulis digunakan untuk mengetahui tiga aspek komunikasi matematis tulis yang muncul pada setiap tahapan literasi matematika. Kesimpulan dari hasil penelitian ini pada siswa dengan gaya belajar visual memberikan informasi tulis cenderung lebih lengkap. Pada siswa auditori cenderung fokus pada hasil akhir sedangkan siswa kinestetik cenderung fokus pada strategi penyelesaian yang disusun menggunakan caranya sendiri. Saran dari penelitian ini lebih ditingkatkan pada aspek ekspresi matematika seperti menghitung dan dalam menerapkan fakta konsep dan prosedur matematika serta memberikan contoh pemisalan atau peragaan langsung agar siswa lebih mudah memahami materi dan soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322780

Actions (login required)

View Item View Item