Pengembangan modul bangun ruang sisi datar untuk membangun hots siswa SMP/MTS Kelas viii / Riswan Mahyudi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bangun ruang sisi datar untuk membangun hots siswa SMP/MTS Kelas viii / Riswan Mahyudi</p>

Mahyudi, Riswan (2022) Pengembangan modul bangun ruang sisi datar untuk membangun hots siswa SMP/MTS Kelas viii / Riswan Mahyudi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tuntutan kurikulum saat ini adalah menjalankan pembelajaran bermuatan HOTS tidak terkecuali pada pembelajaran matematika. Sementara itu kajian awal penelian menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada materi geometri cenderung belum sampai pada level HOTS. Untuk membangun HOTS siswa diperlukan suatu bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa untuk membiasakan diri melatih kemampuannya. Salah satu bahan ajar yang dapat melatih kemampuan siswa tanpa bantuan guru adalah modul. Akan tetapi modul matematika yang berorientasi HOTS masih relatif sedikit. Hal ini mengisyaratkan bahwa perlu adanya kegiatan penelitian dan pengembangan modul yang membangun HOTS siswa pada materi geometri. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan modul bangun ruang sisi datar untuk membangun HOTS siswa SMP/MTs kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul yang dapat membangun HOTS siswa. Pemilihan materi bangun ruang sisi datar berdasarkan dua pertimbangan yaitu (1) bangun ruang sisi datar merupakan materi lanjutan dari persegi yang telah menjadi materi kajian awal dalam penelitian ini dan (2) materi bangun ruang sisi datar berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D. Subjek uji coba pengembangan adalah siswa-siswa kelas VIII A di SMPN 5 Muara Uya tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi modul angket respons siswa dan tes evaluasi. Tektik analisis data validitas yaitu (1) menghitung rata-rata skor setiap aspek (2) menghitung rata-rata skor seluruh aspek (3) menyimpulkan kriteria validitas. Selanjutnya teknik analisis data kepraktisan yaitu (1) menghitung skor rata-rata respons siswa (2) menyimpulkan kriteria respons siswa (3) menghitung persentase kepraktisan dan (4) menyimpulkan kriteria kepraktisan. Terakhir teknik analisis data efektivitas yaitu (1) menghitung nilai evaluasi siswa (2) menghitung persentase efektivitas dan (3) menyimpulkan kriteria efektivitas. Sementara itu proses pengembangan modul yang dilaksanakan dideskripsikan dalam bentuk tulisan dalam laporan penelitian. Modul yang dikembangkan dan diuji coba memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Skor validitas modul yang dinilai oleh validator ahli adalah 2 88. Persentase kepraktisan modul yang diperoleh dari angket respons siswa yaitu 94 12%. Sementara itu persentase kepraktisan modul berdasarkan hasil evaluasi penguasaan materi siswa adalah 76 47%. Dengan kata lain modul yang dikembangkan dapat digunakan untuk membangun HOTS siswa. Modul yang telah valid praktis dan efektif ini telah disebarkan ke enam sekolah dan diuji coba skala lebih luas di tiga sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui keberhasilan modul untuk diadopsi dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Validitas kepraktisan dan efektivitas modul yang diuji coba skala lebih luas secara berturut-turut yaitu 2 7 95% dan 79 6%. Dengan demikian modul yang telah dikembangkan dapat didiadopsi dalam kegiatan pembelajaran yang seshungguhnya di sekolah lain. Sebagai saran pengembangan lebih lanjut sebaiknya modul juga diuji secara eksperimental dengan menggunakan kelas kontrol. Uji coba skala lebih luas juga seharusnya dilakukan di beberapa sekolah agar menghindari risiko bias. Setelah modul dapat diadopsi dalam pembelajaran sesungguhnya ada baiknya modul didaftarkan hak cipta untuk menghindari plagiasi dari pihak lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322778

Actions (login required)

View Item View Item