Hana, Nibrisatul (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah statistika berdasarkan kriteria watson ditinjau dari tipe kepribadian keirsey / Nibrisatul Hana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu tercapainya tujuan pembelajaran matematika adalah siswa dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran seringkali guru menemukan beberapa kesalahan siswa seperti kesalahan dalam memahami soal perhitungan dan menuliskan kesimpulan. Fakta di lapangan yang menunjukkan siswa banyak melakukan kesalahan dalam penyelesaiannya adalah statistika. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil wawancara guru matematika dan studi pendahuluan terhadap siswa kelas VIII SMP Ar Rohmah Putri Malang bahwa beberapa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika. Metode yang digunakan dalam menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah adalah kriteria Watson. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika perlunya mengembangkan potensi siswa secara optimal dengan memahami karakteristiknya. Karakteristik siswa yang dapat memengaruhi kegiatan belajar siswa salah satunya adalah tipe kepribadian. David Keirsey mengelompokkan tipe kepribadian menjadi empat tipe yaitu artisan guardian idealist dan rational. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah statistika berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe kepribadian Keirsesy. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian ditentukan melalui pemberian angket the Keirsey four types sorter di kelas VIII B SMP Ar Rohmah Putri Malang. Subjek yang terpilih pada penelitian ini sebanyak 4 siswa masing-masing satu siswa yang mewakili tipe kepribadian Keirsey (artisan guardian idealist dan rational). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tes wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan angket angket the Keirsey four types sorter tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tipe kepribadian artisan melakukan lima kesalahan berdasarkan keriteria Watson yaitu data hilang data tidak tepat manipulasi tidak langsung masalah heirarki keterampilan dan kesimpulan hilang. Siswa tipe kepribadian guardian melakukan empat kesalahan berdasarkan keriteria Watson yaitu prosedur tidak tepat data hilang masalah hierarki keterampilan serta kesimpulan hilang. Siswa tipe kepribadian idealist melakukan empat kesalahan berdasarkan keriteria Watson yaitu prosedur tidak tepat konflik level respon data hilang masalah hierarki keterampilan serta kesimpulan hilang. Siswa tipe kepribadian rational melakukan kesalahan berdasarkan kriteria Watson paling sedikit dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya yaitu kesalahan masalah hieraki keterampilan dan kesimpulan hilang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322777 |
Actions (login required)
View Item |