Pratiwi, Nursani Indah (2023) Berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open-ended ditinjau dari gaya kognitif / Nursani Indah Pratiwi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Manusia dalam menjalani kehidupan tentunya tidak lepas dari masalah dalam menyelesaikan masalah manusia juga harus berpikir kreatif agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan mempertimbangkan hal-hal yang mungkin terjadi. Ketika berbicara tentang pemecahan masalah tentunya siswa harus memiliki berpikir kreatif untuk menyelesaikan masalah. Ketika siswa dapat berpikir kreatif maka siswa mampu melakukan pemecahan masalah dengan hasil yang benar dengan beragram struktur. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MTsN 1 Kota Malang bahwa siswa telah mampu memecahkan masalah open-ended dan bisa dilihat lebih lanjut terkait berpikir kreatifnya. subjek dalam studi pendahuluan memiliki cara yang berbeda dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hal tersebut peneliti merasa perlu adanya inovasi untuk menunjang berpikir kreatif matematika siswa. Proses belajar tidak akan lepas dari perbedaan masing-masing individu perbedaan ini dikenal sebagai gaya kognitif. Dalam memecahkan suatu masalah siswa memiliki berbagai macam strategi atau cara dimana hal tersebut dipengaruhi oleh gaya kognitif masing-masing siswa. Dalam penelitian ini peneliti berfokus meninjau siswa berdasarkan gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dengan menggunakan aspek berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open-ended ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2023. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII-M MTsN 1 Kota Malang yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif FI dan 2 siswa dengan gaya kognitif FD. Data dianalisis memalui tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kategori skor terendah gaya kognitif siswa FI dan FD memenuhi aspek berpikir kreatif yang sama yaitu memenuhi aspek fluency dan flexibility. Hal itu berbeda dengan siswa yang memiliki kategori skor tertinggi gaya kognitif siswa FI dan FD memiliki berpikir kreatif yang sama pada aspek fluency dan flexibility. Namun berbeda pada aspek novelty yang ditunjukkan oleh siswa FI. Aspek novelty yang ditunjukkan pada siswa FI kategori skor tertinggi yaitu dengan menggambarkan kombinasi bangun jajargenjang. Secara umum gaya kognitif dapat memberikan pengaruh pada berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open-ended pada beberapa kondisi. Berpikir kreatif siswa FI lebih baik dari pada siswa FD untuk kategori skor paling tinggi karena siswa FI memunculkan aspek kebaruan (novelty). Namun pada siswa FI dan siswa FD untuk kategori skor terendah memiliki kesamaan dalam memberikan jawaban pada aspek berpikir kreatif. Dimana siswa FI dan FD pada kategori skor terndah memberikan jawaban dengan aspek fluency dan flexibility keduanya tidak memberikan jawaban pada aspek novelty.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322776 |
Actions (login required)
View Item |