Nabila, Fitriyah (2023) Literasi matematika siswa Kelas viii dalam menyelesaikan soal AKM / Fitriyah Nabila</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi matematika menjadi salah satu kemampuan abad 21 yang harus dimiliki individu karena melalui kemampuan literasi matematis yang baik individu akan dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan matematis yang lain seperti kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Literasi matematis dalam definisi PISA adalah kemampuan individu untuk merumuskan menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Pada umumnya untuk mengukur kemampuan literasi matematika peneliti-peneliti terdahulu menggunakan soal PISA namun pada penelitian soal yang digunakan adalah soal AKM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal AKM. Subjek dipilih sebanyak 3 orang siswa yaitu 1 siswa dengan jawaban lengkap dengan menunjukkan seluruh tahapan literasi matematika 1 siswa dengan jawaban lengkap tetapi kurang menunjukkan keseluruhan tahapan literasi matematika dan 1 siswa dengan jawaban lengkap tetapi tidak menunjukkan keseluruhan tahapan literasi matematika. Pada tahap formulate subjek cenderung menuliskan kembali informasi-informasi penting yang bersifat numerik yang terdapat pada soal kemudian saat mengubah kalimat soal ke dalam persamaan matematika siswa cenderung tidak menuliskan pendefinisian dari representasi variabel yang digunakan. Pada tahap employ keempat subjek menggunakan konsep Untung Rugi dan SPLDV dalam menyelesaikan soal. Dalam proses penggunaannya juga tampak bahwa subjek masih kesulitan dalam menggunakan/menerapkan kedua konsep tersebut. Siswa dapat memilih konsep yang releval untuk digunakan dalam menyelesaikan soal tetapi masih kurang tepat dalam menggunakan/menerapkan konsep tersebut. Pada tahap interprete and evaluate subjek cenderung menjelaskan interpretasinya secara langsung pada saat wawancara. Subjek dapat menggunakan hasil yang diperoleh pada tahap sebelumnya untuk menyelesaikan soal sesuai dengan konteks awal namun masih ada subjek yang tidak menuliskan kesimpulan sebagai jawaban akhir dari pertanyaan pada soal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |