Yusmarina, Henny Rismawatie (2023) Literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah model pisa ditinjau dari gaya kognitif / Henny Rismawatie Yusmarina</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi matematis telah menjadi salah satu fokus utama dalam pembelajaran matematika sehingga kemampuan ini harus dimiliki oleh seluruh siswa di Indonesia maupun siswa di luar negeri. Hal ini terlihat dari ditetapkannya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di Indonesia yang mengacu pada Programme for International Student Assessment (PISA) dimana kedua asesmen ini salah satu fokus utamanya adalah literasi matematis. Namun berdasarkan hasil asesmen PISA peringkat Indonesia pada tahun 2018 menduduki peringkat lima terbawah. Selain itu berdasarkan hasil studi pendahuluan yang menyatakan bahwa terdapat kurang dari 30% siswa yang mampu menyelesaikan masalah PISA dengan benar. Sehingga perlu untuk diketahui bagaimana literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah model PISA. Kemampuan siswa dalam menerima memahami mengolah informasi mengatur cara berpikir serta memecahkan masalah pasti berbeda-beda. Kemampuan ini berkaitan dengan gaya kognitif. Sehingga memungkinkan bagi siswa dengan gaya kognitif yang berbeda akan mempunyai literasi matematis yang berbeda juga. Terdapat bermacam-macam penggolongan gaya kognitif salah satunya yaitu penggolongan berdasarkan kecepatan dan keakuratan dalam memproses informasi. Gaya kognitif ini dikelompokkan menjadi gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah model PISA ditinjau dari gaya kognitif. Literasi matematis dideskripsikan dengan menggunakan tiga tahapan proses matematis PISA yang meliputi merumuskan (formulate) menggunakan (employ) dan menafsirkan (interprete). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Februari tahun 2023 di SMP Negeri 2 Talun. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes MFFT tes literasi matematis dan pedoman wawancara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes MFFT tes literasi matematis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas IXE. Cara pemilihan subjek yaitu dengan memberikan tes MFFT kepada 30 siswa kemudian dipilih 2 siswa reflektif dan 2 siswa impulsif. Subjek reflektif dipilih dari siswa yang frekuensi menjawab sampai benar paling sedikit dan siswa impulsif dipilih dari siswa yang frekuensi menjawab sampai benar paling banyak. Hasil penelitian ini yaitu literasi matematis siswa reflektif dalam menyelesaikan masalah model PISA pada konten quantity mampu mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan mampu mengubah masalah menjadi model matematika yang sesuai mampu merancang dan menerapkan strategi dengan menggunakan prosedur matematika yang tepat serta mampu menafsirkan kembali hasil matematika ke dalam konteks masalah. Literasi matematis siswa reflektif dalam menyelesaikan masalah model PISA pada konten uncertainty and data yaitu mampu mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan mampu mengubah masalah menjadi model matematika yang sesuai mampu merancang dan menerapkan strategi dengan menggunakan prosedur matematika yang tepat tetapi kurang tepat dalam menafsirkan kembali hasil matematika ke dalam konteks masalah. Literasi matematis siswa impulsif dalam menyelesaikan masalah model PISA pada konten quantity yaitu mampu mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan mampu mengubah masalah menjadi model matematika yang sesuai mampu merancang dan menerapkan strategi dengan menggunakan prosedur matematika yang tepat serta dapat menafsirkan kembali hasil matematika ke dalam konteks masalah. Literasi matematis siswa impulsif dalam menyelesaikan masalah model PISA pada konten uncertainty and data yaitu hanya mampu mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan pada masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |