Numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal tipe AKM / Hanida Emilia Dewi Pratiwi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal tipe AKM / Hanida Emilia Dewi Pratiwi</p>

Pratiwi, Hanida Emilia Dewi (2023) Numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal tipe AKM / Hanida Emilia Dewi Pratiwi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Numerasi mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran karena berkaitan dengan penyelesaian soal konteks sehari-hari dengan menggunakan prosedur matematika dan berguna sebagai kemampuan penting yang penting untuk pembelajaran yang sukses di seluruh kurikulum. Oleh karena itu siswa perlu meningkatkan kemampuan numerasi yang dimiliki. Pemerintah Indonesia mengadakan program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang salah satunya mengukur kemampuan numerasi siswa Indonesia pada jenjang tertentu. Representasi mempunyai peranan sangat penting terkait penyajian ide atau informasi dari penyelesaian soal dan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif.Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mendeskripsikan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal tipe AKM. Subjek adalah 1 siswa VIII-E MTsN 1 Kota Malang kemampuan matematis tinggi yang telah dipilih oleh guru mata pelajaran matematika dengan teknik pemilihan subjek yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil paparan data dapat disimpulkan numerasi subjek dalam menyelesaikan soal tipe AKM berdasarkan elemen dan orientasi kritis dari model numerasi. Pengetahuan matematika meliputi konsep kapasitas estimasi strategi pemecahan masalah dan keterampilan matematika dalam penggunaan representasi. Subjek dapat mengetahui konsep materi yang berkaitan dengan gambar soal yang diberikan. Subjek menggunakan kapasitas estimasi untuk memutuskan banyak pembelian keramik polos dan motif sesuai dengan dengan ketentuan. Sedangkan subjek menggunakan kapasitas estimasi untuk memutuskan banyak pembelian keramik polos dan motif pada kemungkinan kedua tidak sesuai dengan ketentuan soal yang diberikan karena dibeli berdasarkan kebutuhan. Subjek dapat menentukan rencana strategi pemecahan persoalan dengan tepat karena telah memahami poin ndash poin dan tujuan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal. Subjek melakukan keterampilan dalam penggunaan representasi simbolik dan verbal untuk menyelesaikan soal tipe AKM namun tidak menuliskan penyelesaian dengan visual dan numerik karena memilih menyelesaikan soal dengan cara yang lebih dikuasai. Subjek membuat model matematika dari representasi lain namun terdapat penulisan model matematika yang tidak tepat. Subjek menyelesaikan masalah dengan menggunakan simbol matematika namun terdapat penulisan simbol yang tidak tepat. Subjek verbal yang ditunjukkan dengan menyelesaikan persoalan dengan menggunakan teks tertulis namun tidak lengkap dalam memberikan keterangan penyelesaian yang dilakukan. Subjek melakukan orientasi kritis dalam menemukan bahwa ada 3 kemungkinan dengan keterampilan matematika dalam penggunaan representasi Dari ketiga kemungkinan tersebut subjek mengevaluasi mana dari ketiga kemungkinan yang masuk akal dan tepat dalam berpikir matematis untuk menganalisis persoalan. Dari evaluasi tersebut siswa bisa menemukan bahwa kemungkinan pertama adalah penggunaan yang tepat dan kemungkinan lainnya tidak tepat. Subjek tidak menggunakan informasi matematika untuk membuat kesimpulan penyelesaian. Subjek hanya menuliskan kesimpulan pada setiap kemungkinan yang didapatkan. Secara keseluruhan penelitian ini memberikan wawasan mengenai bagaimana subjek menyelesaikan soal tipe AKM dengan (visual simbolik numerik dan verbal) dan numerasi (elemen dan orientasi kritis dari model numerasi). Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pembelajaran matematika di tingkat SMP dengan fokus pada peningkatan kemampuan numerasi dan penggunaan representasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322770

Actions (login required)

View Item View Item