Amalia, Zida (2023) Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah program linear berdasarkan teori mason / Zida Amalia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses berpikir merupakan kegiatan mental yang dilakukan untuk memproses pengetahuan dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah program linear menggunakan tahapan Mason. Tahapan tersebut meliputi tiga tahap yaitu tahap entry attack dan review. Tahap entry dilakukan dengan memahami apa yang diketahui mengelompokkan dan mengurutkan informasi untuk mengetahui apa yang ditanyakan dan mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk menemukan jawaban serta merepresentasikan elemen pada masalah ke bentuk simbol. Tahap attack dilakukan dengan mengajukan dugaan pemecahan masalah dan mencoba dugaan tersebut serta memberikan alasan logis atas penyelesaian yang dilakukan. Tahap review dilakukan dengan dengan mengecek perhitungan dan kesesuaian langkah penyelesaian dengan pertanyaan merefleksikan bagian mana yang sulit dan apa yang dapat dipelajari dari penyelesaian yang dilakukan serta mencari cara penyelesaian lain. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas XI MAN 2 Kota Malang dengan rincian satu siswa dengan karakter berpikir benar sungguhan satu siswa dengan karakter berpikir pseudo benar satu siswa dengan karakter berpikir pseudo salah dan satu siswa dengan karakter berpikir salah sungguhan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu satu butir tes masalah program linear serta pedoman wawancara yang telah disesuaikan dengan tahapan berpikir Mason dalam memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan proses berpikir subjek pada masing-masing karakter berpikir dalam memecahkan masalah program linear. Pada tahap entry keempat subjek mampu memahami apa yang diketahui pada masalah serta mengelompokkan dan mengurutkan informasi dengan menentukan apa yang menjadi pertanyaan pada masalah dan dapat menjelaskan langkah yang harus dilakukan untuk menemukan jawaban. Perbedaan pada tahap entry ini subjek dengan karakter berpikir benar sungguhan dan salah sungguhan dapat merepresentasikan elemen pada masalah ke bentuk simbol. Namun subjek dengan karakter berpikir salah sungguhan belum lengkap melakukan kegiatan tersebut. Sementara subjek dengan karakter berpikir pseudo benar dan pseudo salah tidak melakukan kegiatan tersebut. Pada tahap attack keempat subjek mengajukan dugaan pemecahan masalah dan mecoba dugaan tersebut. Perbedaan pada tahap attack ini subjek dengan karakter berpikir benar sungguhan dan pseudo benar dapat memberikan alasan yang logis terhadap penyelesaian yang dilakukan. Sementara subjek dengan karakter berpikir pseudo benar dan salah sungguhan ketika memberikan alasan terhadap penyelesaian yang dilakukan terdapat bagian alasan yang tidak logis. Pada tahap review keempat subjek mengecek perhitungan dan kesesuaian langkah penyelesaian dengan pertanyaan merefleksikan bagian mana yang sulit dan tidak dapat mencari alternatif lain dalam memecahkan masalah. Meskipun sudah mengecek kesesuaian langkah penyelesaian subjek dengan karakter berpikir pseudo salah diberikan refleksi untuk mengecek kembali jawaban yang diperoleh. Kemudian subjek dengan karakter berpikir pseudo salah menyadari kesalahan ketika menentukan kesimpulan jawaban dan mampu memperbaikinya. Mengalami kesalahan juga dilakukan oleh subjek dengan karakter berpikir benar sungguhan dan salah sungguhan ketika proses memecahkan masalah. Selain itu pada tahap review subjek dengan karakter berpikir benar sungguhan pseudo salah dan salah sungguhan merefleksikan hal yang dapat dipelajari setelah memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322768 |
Actions (login required)
View Item |