Pengembangan perangkat pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi geogebra untuk menumbuhkan pemahaman penalaran kovariasi pada materi fungsi kuadrat / Fajar Yogiatmaji</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi geogebra untuk menumbuhkan pemahaman penalaran kovariasi pada materi fungsi kuadrat / Fajar Yogiatmaji</p>

Yogiatmaji, Fajar (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi geogebra untuk menumbuhkan pemahaman penalaran kovariasi pada materi fungsi kuadrat / Fajar Yogiatmaji</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika lebih bermakna untuk peserta didik jika pembelajaran dilakukan dengan cara mengontruksikan pengetahuan yang sudah diterima agar menjadi sebuah pengetahuan yang utuh. Dalam mengontruksikan pengetahuan tersebut perlu proses pembelajaran yang sesuai dan tepat. Model pembelajaran Inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Pembelajaran Inquiry dapat digunakan untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan konstruktivisme yang rendah dan kurang aktif dalam pembelajaran. Guru harus mempunyai sebuah perencanaan serta memperhatikan berbagai aspek dalam menerapkan model pembelajaran Inquiry. Salah satu aspek yang harus diperhatikan yaitu media pembelajaran. GeoGebra merupakan aplikasi yang dapat memvisualkan sebuah konsep matematika. Menurut beberapa penelitian dan observasi awal di SMPN 1 Pakel kabupaten Tulungagung materi fungsi kuadrat merupakan materi yang membutuhkan visualisasi. Peserta didik merasa kebingungan jika hanya membayangkan konsep fungsi kuadrat tanpa adanya visualisasi gambar. Aplikasi GeoGebra sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SMPN 1 Pakel Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan aplikasi GeoGebra menjadikan pembelajaran terpusat ke peserta didik. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Inquiry berbantuan aplikasi GeoGebra dalam menumbuhkan penalaran kovariasi pada materi fungsi kuadrat yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4D dengan melakukan modifikasi melalui penyederhanaan tahap yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan hal ini dikarenakan tujuan dari penelitian ini adalah hanya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Kevalidan pengembangan perangkat pembelajaran diukur menggunakan lembar validasi dan dilakukan oleh satu Dosen Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang dengan kualifikasi pendidikan S3. Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan uji coba pada 33 peserta didik kelas IX B SMPN 1 Pakel Kabupaten Tulungagung. Kepraktisan dilihat berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran menggunakan lembar observasi dan hasil respon peserta didik melalui angket. Sedangkan untuk aspek keefektifan diukur menggunakan tes pada akhir pembelajaran yang digunakan untuk melihat pemahaman kovariasional peserta didik selama pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran Inquiry berbantuan aplikasi GeoGebra. Berdasarkan data hasil validasi pada tahap pengembangan untuk perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKPD bahwa rata-rata persentase skor untuk RPP pada semua indikator (komponen RPP) mendapatkan nilai 82% (dengan kriteria Baik) serta rata-rata persentase skor untuk LKPD pada semua indikator (komponen LKPD Isi Didaktik Konstruktif Teknis Pembelajaran Inquiry) mendapatkan nilai 98% (dengan kriteria Sangat Baik) sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa rata-rata persentase skor dari data lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik berturut-turut mencapai 93% (dengan kriteria Sangat Baik) dan 81% (dengan respon Positif) sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dapat dipraktikkan dengan mudah (praktis). Sedangkan berdasarkan hasil tes diperoleh informasi sebanyak 25 peserta didik dalam pemahaman penalaran kovariasional berada di level 2 sehingga dapat disimpulkan efektif. Meskipun penggunaan perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKPD yang berbantuan GeoGebra ini dapat memberikan efek positif terhadap proses pembelajaran yaitu peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi serta mengemukakan pendapat sehingga pembelajaran terpusat ke peserta didik. Namun dalam penggunaannya perlu diperhatikan penggunaan aplikasi GeoGebra hal ini dikarenakan pada tahap uji coba peserta didik kurang ahli dalam pengoperasian aplikasi GeoGebra sehingga perlu adanya pembiasaan menggunakan aplikasi GeoGebra pada materi yang mendukung penggunaan aplikasi GeoGebra.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322766

Actions (login required)

View Item View Item