Rahmawati, Ida (2022) Scaffolding untuk memperbaiki kesalahan konsep dan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah geometri siswa SMP / Ida Rahmati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Geometri merupakan materi dasar matematika yang memiliki kaitan dengan banyak topik lain di matematika ataupun dalam bidang ilmu lain. Akan tetapi masih banyak ditemukan siswa yang merasa kesulitan dalam memahami konsep dalam geometri khususnya bangun ruang sisi datar. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya ditemukan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Terdapat beberapa tahapan kesalahan siswa yang dapat dikelompokkan sebagai berikut yaitu 1) kesalahan memahami aspek masalah 2) kesalahan menyusun perencanaan penyelesaian 3) kesalahan langkah penyelesaian 4) kesalahan meninjau kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan scaffolding untuk memperbaiki kesalahan konsep dan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah geometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Instrument penunjang dalam penelitian ini adalah lembar tes awal lembar tes akhir lembar wawancara dan rencana penerapan scaffolding. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber data hasil lembar tes hasil wawancara dan scaffolding. Implementasi scaffolding yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Anghileri level 1 dan 2. Implementasi scaffolding Anghileri level 1 berupa pemberian tugas terstruktur yang terdiri dari soal penyederhanaan masalah dan koreksi diri. Bantuan pada soal penyederhanaan masalah berbeda-beda sesuai dengan tipe kesalahan yang dialami oleh subjek penelitian. Pada koreksi diri disajikan jawaban salah dari siswa lain kemudian meminta subjek penelitian memberikan tanggapan dan melakukan koreksi apabila menemukan kesalahan. Implementasi scaffolding Anghileri level 2 berupa kegiatan reviewing dan restructuring. Tujuan dari kegiatan reviewing adalah untuk membantu siswa menyadari kesalahannya. Sedangkan tujuan dari kegiatan restructuring adalah untuk membimbing siswa memahami konsep bangun ruang sisi datar dan melakukan koreksi melalui aktivitas mengulang pembicaraan siswa dan penyederhanaan masalah. Berdasarkan paparan tersebut implementasi scaffolding yang diterapkan peneliti dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk membantu subjek penelitian menyadari kesalahan yang dilakukan dan melakukan koreksi terhadap jawabannya sebelumnya untuk memahami materi bangun ruang sisi datar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322764 |
Actions (login required)
View Item |