Kemampuan berpikir kritis siswa pada penerapan problem based e-learning / Siti Mamluatun Nikmah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kritis siswa pada penerapan problem based e-learning / Siti Mamluatun Nikmah</p>

Nikmah, Siti Mamluatun (2023) Kemampuan berpikir kritis siswa pada penerapan problem based e-learning / Siti Mamluatun Nikmah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan berpikir kritis siswa pada problem based e-learning dan penerapan problem based e-learning dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis observasi dan wawancara. Tes kemampuan berpikir kritis diberikan kepada siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model problem based e-learning sebanyak 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based e- learning masih dominan berada pada kategori sedang. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi lima indikator berpikir kritis tinggi pada dua soal yang diberikan yaitu elementary clarification basic support strategies and tactic advanced clarification inference. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang hanya mampu memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kritis pada dua maslaah yang diberikan yaitu elementary clarification basic support strategies and tactic advanced clarification walaupun belum sempurna. Pada indikator inference siswa tidak menuliskan kesimpulan yang telah diperoleh karena memiliki pemahaman bahwa perhitungan akhir merupakan penyelesaian akhir dari masalah yang diberikan. Sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah hanya mampu memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis pada dua masalah yang diberikan yaitu elementary clarification basic support and startegies and atctic. Siswa melakukan penyelesaian dengan indikator advanced clarification namun belum tepat jawaban yang diberikan sedangkan pada tahap inference siswa tidak mampu memberikan kesimpulan yang telah diperoleh dari masalah tersebut. Pembelajaran dengan model problem based e-learning diawali dengan kegiatan apresepsi dan dilaksanakan melalui lima sintak atau langkah inti yaitu orientasi siswa kepada masalah mengorganisasikan siswa membimbing penyelidikan mandiri menyajikan karya dan evaluasi dapat berjalan sesuai dengan rencana akan tetapi pada langkah membimbing penyelidikan mandiri dan menyajikan karya memiliki kesulitan dalam mengobservasi kegiatan diskusi dan interaksi siswa. pada tahap orientasi siswa pada masalah siswa sudah mulai terbiasa mengidentifikasi masalah dengan menuliskan hasil identifikasi apa yang dia ketahui melalui chat atau voice dalam whatsapp group kemudian beberapa siswa aktif berdiskusi melalui whatsapp group dengan mengirim voice maupun gambar hasil identifikasinya. Akan tetapi diskusi yang dilakukan secara online tidak seeektif seperti diskusi secara tatap muka atau langsung terlihat dari beberapa siswa yang terlambat dalam merespon dan bahkan cenderung pasif. Hal ini dikarenakan koneksi jaringan yang tidak stabil di tempat penelitian. Ketidakaktifan siswa dalam berdiskusi juga menyebabkan tidak maksimalnya pemahaman yang diserap oleh siswa sehingga dalam menyajikan hasil karya juga tidak maksimal. Beberapa siswa masih belum tepat jawabannya dalam menyelesaikan masalah. Akan tetapi dengan adanya aplikasi statistika membantu siswa dalam memahami materi meskipun dalam kegiatan pembelajaran tidak bisa maksimal dikarenakan jaringan. Kendala lainnya yaitu guru sedikit kesulitan dalam mengobservasi kegiatan diskusi pada saat pembelajaran berlangsung. Di akhir pembelajaran guru dan siswa mengevaluasi hasil penyelesaian masalah yang dilakukan secara kelompok pada group whatsapp kelas dengan mempresentasikan dan menyimpulkan hasil pekerjaannya melalui voice dan mengirim hasil pekerjaan yang akan dipresentasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322762

Actions (login required)

View Item View Item