Alfarisi, Salman (2023) Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah numerasi ditinjau dari gaya kognitif field independent / Salman Alfarisi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses berpikir siswa sangat penting ditelusuri dalam menyelesaikan masalah numerasi. Proses berpikir siswa satu dengan yang lain berbeda-beda dalam memecahkan masalah numerasi. Perbedaan tersebut salah satunya disebabkan oleh gaya kognitif. Gaya kognitif terbagi kedalam dua bagian yaitu field independent dan field dependent. Beberapa teori menjelaskan bahwa siswa bergaya kognitif field independent mampu menjawab masalah numerasi dengan benar berdasarkan tahapan memahami masalah merencanakan penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian hingga tahapan memeriksa kembali. Ternyata terdapat siswa bergaya kognitif field independent yang berinisial MRA masih mengalami kesalahan dalam menyelesaikan masalah numerasi. Sedangkan terdapat siswa bergaya kognitif field dependent yang berinisial MDF mampu menjawab masalah numerasi dengan benar. Karena ketidaksesuaian antara teori dan fakta yang terjadi di lapangan sehingga penting untuk ditelusuri proses berpikir dalam menyelesaikan masalah numerasi siswa MRA yang bergaya kognitif field Independent. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa bergaya kognitif field independent yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus (case study) karena terdapat ketidaksesuaian antara teori dan fakta yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MA Ibadurrochman Malang dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Pada studi pendahuluan yang telah dilakukan di sekolah ditemukan bahwa terdapat siswa dengan gaya kognitif field independent berinisial MRA yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan masalah numerasi yang diberikan. MRA cenderung sulit dalam memahami masalah serta sulit dalam merencanakan pemecahan masalah. Hal tersebut bertentangan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait kajian proses berpikir ditinjau dari gaya kognitif. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari instrument utama yaitu peneliti itu sendiri serta instrument pendukung yang terdiri dari lembar GEFT (Group Embedded Figure Test) dan Lembar Tes Pemecahan Masalah Numerasi (TPMN) serta pedoman wawancara. Soal tes pemecahan masalah numerasi terdiri dari dua soal soal pertama merupakan soal yang pernah dikerjakan sebelumnya dan soal kedua merupakan soal yang belum pernah dikerjakan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MRA dalam menyelesaikan masalah numerasi mengalami tahap menghasilkan ide mengklarifikasi ide menilai kelayakan ide dan berpikir kompleks pada langkah penyelesaian masalah Polya. Namun pada tahap memeriksa kembali dalam penyelesaian soal nomor 1 dengan kriteria soal yang pernah dikerjakan sebelumnya MRA tidak mengalami tahap menghasilkan ide dan tahap mengklarifikasi ide. Adapun penyebab MRA bergaya kognitif field independent mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal dengan benar yaitu jika mengerjakan soal yang pernah ditemui atau dikerjakan sebelumnya adalah disebabkan karena MRA kurang teliti dalam memahami informasi penting yang terdapat dalam soal serta MRA terburu-buru. penyebab MRA mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal dengan benar jika mengerjakan soal yang belum pernah ditemui atau dikerjakan sebelumnya adalah karena MRA kurang teliti dan memahami informasi penting yang terdapat dalam soal serta kurang berlatih dalam menyelesaikan soal-soal matematika bersifat kontekstual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |