Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berbasis teknologi pada materi jarak dalam ruang / Diah Zahrani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berbasis teknologi pada materi jarak dalam ruang / Diah Zahrani</p>

Zahrani, Diah (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berbasis teknologi pada materi jarak dalam ruang / Diah Zahrani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merebaknya kasus covid-19 di Indonesia pada awal tahun 2020 memaksa pemerintah untuk mengambil upaya preventif agar penyebaran covid-19 tidak lebih meluas dengan mengeluarkan kebijakan terkait dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia pada masa pandemi. Pelaksanaan pendidikan yang sejatinya diselenggarakan dengan tatap muka beralih dengan melaksanakan pembelajaran dari rumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pendidikan dengan sistem pembelajaran jarak jauh mengubah pola pembelajaran tatap muka di kelas bergeser menjadi pembelajaran yang dilakukan secara daring. Penggunaan smartphone oleh peserta didik maupun pendidik menjadi hal yang utama dalam pembelajaran daring. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat semakin mengukuhkan peran penting dirinya dalam segala bentuk aktivitas manusia termasuk didalamnya adalah aktivitas belajar dan mengajar. Teknologi menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari wajah pendidikan Indonesia. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran menjadi hal yang penting untuk pendidikan di era digital saat ini. Dalam melaksanakan pembelajaran di era informasi ini pendidik perlu membiasakan diri untuk memanfaatkan teknologi dalam mengajar dan peserta didikpun perlu pembiasaan menggunakan teknologi dengan bijak yakni salah satunya dapat digunakan untuk belajar baik untuk mencari informasi terkait penyelesaian tugas maupun untuk aktif berpartisipasi secara online dalam proses pembelajaran yang diikutinya. Pembelajaran dengan sentuhan teknologi lebih membutuhkan pemikiran dan persiapan yang matang sebelum dilaksanakan. Persiapan yang baik ditunjukkan dengan adanya perangkat pembelajaran yang mampu membantu peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dengan tetap mengikuti teori pembelajaran terkini yang mengedepankan kolaborasi di dalam proses pembelajarannya. Kolaborasi dapat dilatih selama proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan pembelajaran kooperatif di mana peserta didik dilatih untuk mampu bekerja sama dengan peserta didik lain yang memiliki latar belakang yang beragam. Peserta didik dapat memulai untuk bertukar pikiran dan belajar bekerja sama dalam kelompok yang paling sedikit yaitu dengan berpasangan dan dengan tahapan belajar yang sederhana. Tipe pembelajaran kooperatif yang mendukung hal tersebut adalah think-pair-share. Think-pair-share merupakan salah satu tipe pendekatan struktural dari pembelajaran kooperatif yang paling sederhana sehingga mudah diterapkan. Selain itu tipe think-pair-share dalam penerapannya mampu mengurangi partisipasi semu yang seringkali terjadi manakala pembelajaran kooperatif diterapkan dalam kelompok yang beranggotakan lebih banyak. Keanggotaan dalam pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share mampu membuat anggota kelompok untuk lebih saling membutuhkan dan mengandalkan satu sama lain demi keberhasilan kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa peran setiap anggota kelompok menjadi lebih penting dan mengurangi sifat dominan dari salah satu anggota. Dengan berdasarkan pengalaman pembelajaran berbasis teknologi yang pernah dilakukan pada pembelajaran terdahulu pada materi jarak dalam ruang dengan menggunakan aplikasi geogebra maka dari itu dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berbasis teknologi dengan tujuan mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan serta memperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berbasis teknologi yang valid praktis dan efektif pada materi jarak dalam ruang. Perangkat pembelajaran berbasis teknologi yang dikembangkan diharapkan mampu menunjang pembelajaran secara efektif baik secara online maupun offline. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XII di SMA Negeri Jatirogo-Tuban. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan tingkat kevalidan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini (1) proses pengembangan perangkat pembelajaran melalui tahap define (analisis kebutuhan dari segala aspek) design (membuat rancangan awal) develop (memodifikasi rancangan awal penilaian ahli uji coba terbatas) dan disseminate (menyebarkan hasil produk pengembangan) dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berbasis teknologi pada materi jarak dalam ruang yang valid praktis dan efektif berdasarkan hasil penilaian yang telah memenuhi kriteria. Hasil validasi perangkat pembelajaran secara umum dalam kategori baik dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Sedangkan untuk validasi model pembelajaran diperoleh rata-rata 3 35. Kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan perolehan nilai 3 18. Begitu juga aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran menunjukkan lebih dari 75% peserta didik mengikuti pembelajaran dengan aktif. Respon positif terhadap pembelajaran dan perangkatnya diberikan peserta didik dengan rata-rata 93 40%. Hal positif lainnya juga ditunjukkan dalam pencapaian ketuntasan belajar peserta didik secara keseluruhan adalah lebih dari 80% peserta didik telah mencapai atau melampaui kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penilaian di atas perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif sebagai perangkat pembelajaran yang mendukung belajar peserta didik dalam memahami suatu konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322759

Actions (login required)

View Item View Item