Nidya, Omega Silfia (2023) Analisis kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan soal hots berdasarkan gender / Omega Silfia Nidya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan diperoleh bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut terlihat dari hasil jawaban siswa dalam mengerjakan soal tes studi pendahuluan yaitu masih banyak siswa yang mengerjakan soal hanya menggunakan dua cara penyesaian. Namun sebagian siswa juga memiliki kemampuan yang tinggi yaitu siswa mampu mengerjakan soal dengan menggunakan lebih dari dua cara pengerjaan yang berbeda. Hal tersebut diperoleh bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam indikator keluwesan (flexibility). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan gender. Indikator kemampuan berpikir kreatif siswa yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kerincian (elaborasi) kelancaran (fluency) dan keluwesan (flexibility) sedangkan untuk keaslian (originality) tidak digunakan dalam penelitian ini karena berdasrkan hasil studi pendahulian untuk indikator tersebut masih belum muncul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Waktu penelian dilaksanakan pada bulan Maret Tahun 2023 yaitu pada semester genap Tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri yang berlokasi Kabupaten Kediri. Instrumenn penelitian yang digunakan yaitu lembar tes kemampuan berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas VII yang dibagi menjadi 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara membagikan lembar tes kepada 33 siswa dikelompokan berdasarkan gender. Selanjutnya akan dikelompokan berdasarkan kategori kemampuan berpikir kreatif tinggi sedang dan rendah. Pemilihan 6 subjek berdasarkan rekomendasi guru pengampun mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kemampuan berpikir kreatif akan dibagi menjadi 6 antara lain 1) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Laki-Laki Tinggi. 2) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Laki-Laki Sedang. 3) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Laki-Laki Rendah. 4) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Perempuan Tinggi. 5) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Perempuan Sedang. 6) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Perempuan Rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322756 |
Actions (login required)
View Item |