Pengembangan bahan ajar untuk model problem-based learning pada materi aturan pencacahan / Ahmad Hasan Saifurrisal</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar untuk model problem-based learning pada materi aturan pencacahan / Ahmad Hasan Saifurrisal</p>

Saifurrisal, Ahmad Hasan (2023) Pengembangan bahan ajar untuk model problem-based learning pada materi aturan pencacahan / Ahmad Hasan Saifurrisal</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Numerasi merupakan kemampuan yang sesuai dengan keterampilan abad ke-21. Karena itu penting bagi peserta didik untuk memiliki numerasi yang baik. Namun hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Plus Ar-Rahmat Bojonegoro menunjukkan bahwa numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal materi aturan pencacahan belum baik dengan persentase peserta didik yang tidak mampu menyelesaikan soal dengan tepat berdasarkan indikator numerasi mencapai 52%. Setelah diberikan scaffolding peserta didik mampu menjawab soal dengan benar serta memahaminya. Oleh karena itu untuk meningkatkan numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal materi aturan pencacahan diperlukan panduan berupa scaffolding yang diterapkan pada masing-masing indikator proses numerasi. Analisis yang dilakukan terhadap bahan ajar yang digunakan di SMA Plus Ar-Rahmat Bojonegoro menunjukkan bahwa soal di bahan ajar utama masih banyak yang tidak kontekstual. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar yang menyediakan scaffolding untuk meningkatkan numerasi yang memuat lebih banyak soal pemecahan masalah kontekstual. Problem-Based Learning (PBL) menjadi model pembelajaran yang tepat karena filosofi yang mendasari PBL adalah bahwa pembelajaran merupakan aktivitas yang konstruktif mandiri kolaboratif dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode R amp D dengan model ADDIE. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor penilaian validator skor penilaian observer skor pengisian angket respons peserta didik dan nilai asesmen numerasi peserta didik. Data kualitatif berupa komentar (kritik dan saran) yang diberikan oleh validator observer dan peserta didik selaku pengguna produk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tes observasi dan angket. Kegiatan analisis data dilakukan dengan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data maka bahan ajar dinyatakan valid dengan skor kevalidan modul I sebesar 3 5 dan skor kevalidan modul II sebesar 3 5. Setelah dilakukan uji coba produk maka bahan ajar dinyatakan praktis dengan skor kepraktisan modul I sebesar 3 6 dan skor kepraktisan modul II sebesar 3 6. Selain itu bahan ajar dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan peserta didik setelah menggunakan modul I sebesar sebesar 82 6% dan persentase ketuntasan peserta didik setelah menggunakan modul II sebesar 82 6%. Dengan demikian bahan ajar yang mencakup indikator numerasi untuk model PBL pada materi aturan pencacahan pada penelitian ini dinyatakan valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Matematika Wajib di SMA kelas XII MIPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322755

Actions (login required)

View Item View Item