Pengembangan instrumen asesmen untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui project-based instruction (pjbi) / Resyarusyda Parandrengi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui project-based instruction (pjbi) / Resyarusyda Parandrengi</p>

Parandrengi, Resyarusyda (2023) Pengembangan instrumen asesmen untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui project-based instruction (pjbi) / Resyarusyda Parandrengi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kurikulum sekolah melatarbelakangi penelitian ini. Salah satu keterampilan yang diperlukan di abad ini adalah kemampuan memecahkan masalah. Salah satu kegiatan asesmen yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah PjBI. Berdasarkan observasi terhadap siswa sekolah menengah negeri di Kota Jambi dan wawancara dengan guru matematika kemampuan pemecahan masalah yang rendah serta kegiatan asesmen hanya menggunakan tes tertulis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA melalui PjBI dan untuk mengetahui kualitas (efektif praktis dan valid) instrumen asesmen tersebut. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMA di Kota Jambi semester ganjil 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg amp Gall. Tahapan pengembangan meliputi 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan produk awal 4) percobaan produk 5) perbaikan produk 6) uji lapangan 7) perbaikan produk akhir 8) desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa SMA dan 1 orang guru mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi produk ahli lembar jawaban guru lembar jawaban siswa dan tes siswa untuk memecahkan masalah matematika. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis validitas kepraktisan dan efektivitas. Revisi dilakukan untuk mendapatkan produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat penilaian yang diberikan valid efektif dan praktis. Hal ini tergambar dari persentase hasil validitas oleh ahli yaitu 86 2903% dalam kategori valid persentase hasil praktikalitas dari lembar respon guru dan siswa adalah 84 6153% dan 81% yang dikategorikan praktis. Hasil efektivitas dari pre-test dan post-test diperoleh skor n-gain 0 556003 dinilai sedang. Artinya instrumen asesmen ini cukup meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322748

Actions (login required)

View Item View Item