Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal akm numerasi menggunakan tahapan newman / Isti Noviyanti Rahadi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal akm numerasi menggunakan tahapan newman / Isti Noviyanti Rahadi</p>

Rahadi, Isti Noviyanti (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal akm numerasi menggunakan tahapan newman / Isti Noviyanti Rahadi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

AKM Numerasi adalah alat untuk mengukur/menilai kemampuan siswa dalam menggunakan dan mengaplikasikan konsep prosedur fakta menggunakan kaidah matematika dalam menyelesaikan berbagai konteks permasalahan sehari-hari. Hasil PISA menunjukkan kemampuan numerasi siswa Indonesia dibawah rata-rata OECD. Mengacu pada data respon Asesmen Nasional hasil rapor pendidikan publik 2022 provinsi Jawa Timur jenjang SMP/Sederajat capaian hasil belajar siswa dalam numerasi di bawah kompetensi minimum yaitu kurang dari 50%. Berdasarkan wawancara oleh salah satu guru SMP menunjukkan siswa masih sulit memahami soal terdapat kesalahan dalam pengerjaan dan kemampuan numerasi yang kurang. Studi awal menunjukkan siswa terdapat kesalahan menyelesaikan soal AKM Numerasi. Mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebabnya dapat membatu guru dalam mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan jenis kesalahan siswa serta faktor penyebab terjadinya kesalahan. Sehingga penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek penelitian 6 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sutojayan. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti lembar soal AKM numerasi dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Soal AKM numerasi termasuk pada konteks personal proses kognitif penerapan konten Aljabar materi Barisan Aritmatika. Data diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal AKM numerasi wawancara dan dokumentasi berupa foto serta rekaman suara. Analisis data menggunakan tahapan Newman yaitu kesalahan membaca kesalahan memahami soal kesalahan transformasi kesalahan ketrampilan proses/perhitungan dan kesalahan penentuan jawaban akhir. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu siswa memiliki kesalahan membaca simbol matematika disebabkan siswa kurang pengetahuan dan lupa terhadap simbol-simbol matematika. Kesalahan memahami siswa tidak memahami simbol tidak memahami apa yang ditanyakan maupun diketahui soal. Kesalahan transformasi siswa bingung dalam memodelkan matematika dan bingung menggunakan rumus yang mana. Kesalahan dalam keterampilan proses atau perhitungan pada penelitian ini seperti perhitungan dasar penjumlahan dan perkalian yang masih salah siswa tidak dapat melakukan perhitungan mencari diskon siswa tidak menyelesaikan perhitungan karena tidak memahami apa yang ditanyakan pada soal. Kesalahan pada hasil akhir disebabkan oleh kesalahan pada tahapan sebelumnya yang berdampak pada pengambilan kesimpulan yang salah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322747

Actions (login required)

View Item View Item