Karakteristik kesalahan siswa dalam memecahkan masalah open ended pada materi spltv berdasarkan analisis kesalahan newman / Ulfa Safitri M.kh</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik kesalahan siswa dalam memecahkan masalah open ended pada materi spltv berdasarkan analisis kesalahan newman / Ulfa Safitri M.kh</p>

M.kh, Ulfa Safitri (2023) Karakteristik kesalahan siswa dalam memecahkan masalah open ended pada materi spltv berdasarkan analisis kesalahan newman / Ulfa Safitri M.kh</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru dapat melatih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa salah satunya dengan cara memberikan masalah open ended. Pemberian masalah open ended bertujuan agar siswa dapat mengasah kemampuan dalam hal menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda. Akan tetapi fakta di lapangan menyatakan ketika siswa menyelesaikan masalah open ended terutama pada soal sistem persamaan linear tiga variabel masih ada siswa yang kesulitan dalam menyelesaikannya. Hal ini dibuktikan dengan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan masalah open ended materi sistem persamaan linear tiga variabel. Alternatif cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa yaitu dengan cara melakukan analisis kesalahan menggunakan analisis kesalahan Newman. Dengan menganlisis kesalahan siswa maka jenis kesalahan yang dilakukan siswa akan segera diketahui sehingga siswa dapat memperbaiki kesalahannya dan dapat mendapatkan solusi penyelesainnya dengan tepat. Dengan demikian diharapkan tujuan belajar dapat tercapai dan berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesalahan siswa dalam memecahkan masalah open ended pada materi SPLTV berdasarkan analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPA MA Nurul Huda Sukaraja. Subjek penelitian ini 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa kemampuan tinggi 2 siswa kemampuan sedang dan 2 siswa kemampuan rendah yang telah menyelesaikan tes awal pemecahan masalah open ended materi sistem persamaan linear tiga variabel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan tes pemecahan masalah open ended materi SPLTV dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kesalahan siswa dengan kemampuan tinggi pada tahap transformasi yaitu salah dalam mendefiniskan variabel dikarenakan siswa kurang teliti dalam memahami informasi yang ditanya dari soal. Karakteristik kesalahan siswa dengan kemampuan sedang pada tahap membaca yaitu siswa salah dalam membaca simbol rupiah dan satuan pada soal. Kemudian pada tahap memahami siswa salah dalam memahami informasi diketahui dan ditanya dari soal dikarenakan tergesa-gesa saat membaca dan memahami soal. Pada tahap transformasi siswa salah dalam membuat pemisalan dikarenakan tidak memahami konteks masalah. Siswa juga salah pada tahap prosedural dikarenakan ceroboh saat melakukan proses perhitungan yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal sehingga kesalahan pada tahap sebelumnya menyebabkan siswa salah dalam menentukan jawaban akhir. Karakteristik kesalahan siswa dengan kemampuan rendah pada tahap membaca yaitu siswa salah dalam membaca simbol rupiah dan satuan pada soal. Pada tahap memahami soal siswa melakukan kesalahan dalam memahami informasi diketahui dan ditanya dari soal dikarenakan siswa kurang memahami informasi penting yang ada pada soal. Siswa juga melakukan kesalahan pada tahap transformasi yaitu siswa salah dalam membuat model matematika dari informasi yang didapatkan dari soal. Siswa salah pada tahap prosedural atau langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal yaitu gagal dalam menemukan hasil akhir dan tidak dapat melanjutkan proses perhitungan menyebabkan hasil yang diperoleh siswa kemampuan rendah tidak sesuai dengan pertanyaan sehingga siswa kemampuan rendah mengalami kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322746

Actions (login required)

View Item View Item