Pengembangan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Fatmawati Umaternate</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Fatmawati Umaternate</p>

Umaternate, Fatmawati (2023) Pengembangan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Fatmawati Umaternate</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Umaternate Fatmawati. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Tesis Departemen Pendidikan Matematika Program Studi S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sisworo M.Si. (2) Dr. Susiswo M.Si Kata Kunci LKPD Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Di kehidupan abad 21 yang dikenal sebagai abad pengetahuan mengharuskan setiap manusia terutama peserta didik sebagai generasi penerus bangsa mempunyai kemampuan yang sesuai dengan kondisi abad 21. Kemampuan yang dimaksud yaitu berpikir kreatif (creativity) berpikir kritis (critical thinking) komunikasi (communication) dan berkolaborasi (collaboration). Kemampuan-kemampuan tersebut mengarah kepada kemampuan dalam menggunakan informasi yang didapat untuk menciptakan sesuatu yang baru kemampuan membuat argumen yang masuk akal kemampuan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang diperoleh serta kemampuan bekerjasama dengan peserta didik lain untuk mencapai tujuan bersama agar diperoleh kemampuan yang lebih optimal. PBL sebagai model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik dianggap mampu untuk menerapkan proses berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan bahan ajar LKPD berbasis problem based learning (PBL) serta respon dari guru dan peserta didik terhadap LKPD tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis Design Development Implementation and Evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes validasi oleh ahli materi tes evaluasi peserta didik angket respon guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 3 57 yang menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Untuk uji keefektifan diperoleh persentase hasil belajar peserta didik sebesar 84 6%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi logaritma di kelas X AKL1 efektif yang berarti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Untuk respon guru dan peserta didik diperoleh persentase masing-masing sebesar 93 75% dan 85 90%. Dengan persentase tersebut dapat diartikan bahwa keduanya menunjukkan respon yang positif sehingga LKPD yang digunakan berada pada kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322738

Actions (login required)

View Item View Item