Analisis literasi matematis berbasis higher order thinking skills (hots) ditinjau dari keterampilan berpikir reflektif matematis / Umi Fitria Ayu</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis literasi matematis berbasis higher order thinking skills (hots) ditinjau dari keterampilan berpikir reflektif matematis / Umi Fitria Ayu</p>

Ayu, Umi Fitria (2023) Analisis literasi matematis berbasis higher order thinking skills (hots) ditinjau dari keterampilan berpikir reflektif matematis / Umi Fitria Ayu</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil asesmen nasional yang dirilis pada rapor pendidikan tahun 2022 menunjukkan bahwa tingkat literasi matematis siswa di Indonesia berada di bawah kompetensi minimum. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kemampuan dalam berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Hal ini dikarenakan literasi matematis melibatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam proses pemecahan masalahnya. Sedangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di Indonesia tergolong rendah. Salah satu keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan HOTS adalah berpikir reflektif matematis. Oleh karena itu meningkatkan keterampilan berpikir reflektif matematis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi matematis berbasis higher order thinking skills (HOTS) ditinjau dari keterampilan berpikir reflektif matematis. Adapun materi yang digunakan adalah barisan dan deret aritmatika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Darul Quran Kota Mojokerto. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yang terbagi dalam tingkat keterampilan berpikir reflektif matematis tinggi sedang dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes keterampilan berpikir reflektif matematis soal tes literasi matematis berbasis HOTS dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan keterampilan berpikir reflektif matematis tinggi mampu mencapai level 5 dan mampu memenuhi aspek merumuskan pada level 6. Meski demikian beberapa diantara kelompok ini hanya mampu memenuhi aspek merumuskan dan menggunakan pada literasi matematis level 4. Siswa dengan keterampilan berpikir reflektif matematis sedang hanya mampu mencapai aspek merumuskan pada literasi matematis level 4. Penyebabnya adalah kurangnya kemampuan untuk menentukan strategi penyelesaian yang tepat. Sedangkan siswa dengan keterampilan berpikir reflektif matematis rendah tidak dapat memenuhi semua aspek literasi matematis level 4 5 dan 6. Kelompok ini cenderung kesulitan merumuskan masalah dalam konteks matematika. Bahkan beberapa diantara mereka tidak dapat memahami informasi yang disajikan dalam masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322737

Actions (login required)

View Item View Item