Pengembangan LKPD model problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kelas x SMA / Titin Naila Ifati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKPD model problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kelas x SMA / Titin Naila Ifati</p>

Ifati, Titin Naila (2022) Pengembangan LKPD model problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kelas x SMA / Titin Naila Ifati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir logis dan sistematis serta pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menghadapi era globalisasi. Hal ini sejalan dengan standar isi dan kompetensi dasar kurikulum 2013 yang menyebutkan bahwa tujuan pendidikan adalah membekali peserta didik supaya mempunyai keterampilan berpikir analitis logis kritis metodis kritis dan kreatif serta berkolaborasi dengan orang lain. Berpikir kreatif merupakan keterampilan mencari berbagai solusi yang mungkin terhadap satu permasalahan dan merupakan pola pikir yang mempunyai nilai presentase rata-rata terendah pada capaian peserta didik. Salah satu elemen yang berkontribusi pada kurangnya keterampilan berpikir kreatif adalah proses pembelajaran. Pembelajaran yang didominasi guru membuat siswa tidak aktif dan kurang mengeksplorasi keterampilan berpikir kreatifnya. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk memecahkan persoalan mencari informasi atau data terkait dengan permasalahan tersebut sehingga dapat menumbuhkan berpikir kritis serta kreatif. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa model problem based learning harus diterapkan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini dilakukan adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan LKPD model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik. (2) untuk menghasilkan produk LKPD model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang valid praktis dan efektif. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Driyorejo. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan kepraktisan dan keefektifan dari produk LKPD yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah (1) proses pengembangan dilakukan melalui tahap analisis (observasi dan wawancara terhadap guru matematika dan peserta didik pada sekolah yang akan dijadikan sebagai tempat penelitian) desain (merancang produk LKPD) development ( validasi ujicoba awal revisi sesuai hasil uji coba awal) implementasi (uji coba lapangan) evaluasi (penyempurnaan produk). (2) menghasilkan produk LKPD yang layak dan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Sesuai hasil validasi para ahli diperoleh nilai rata-rata 4 1 dengan kategori baik. Hasil angket respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3 63 dengan kategori sangat baik sedangkan hasil angket respon pendidik diperoleh nilai rata-rata 3 5 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan data angket respon peserta didik dan pendidik terhadap kepraktisan LKPD diperoleh nilai rata-rata 3 57 dengan kriteria sangat baik hasil tes diperoleh nilai rata-rata 85 6 dengan ketuntasan 83 3 %. Hal ini berarti LKPD model problem based learning yang dikembangkan valid praktis dan efektif sebagai alat pelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322734

Actions (login required)

View Item View Item