Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika / Ananda Syahriya Rachmatullah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika / Ananda Syahriya Rachmatullah</p>

Rachmatullah, Ananda Syahriya (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika / Ananda Syahriya Rachmatullah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada saat mengerjakan soal matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XII SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur yang beralamat di Jalan Raya Tlogowaru no. 66 Malang pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini dideskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan berpedoman pada kemampuan berpikir kritis Facione. Hasil dari penelitian ini antara lain terdapat 7 siswa masuk kategori berpikir kritis yang lemah terdapat 8 siswa masuk kategori berpikir kritis sedang terdapat 5 siswa masuk kategori berpikir kritis kuat. Sedangkan dalam aspek keterampilan kognitif diperoleh hasil sebanyak 15 siswa mampu melakukan keterampilan Interpetasi dengan baik 14 siswa mampu melakukan keterampilan analisis dengan baik 13 siswa mampu melakukan keterampilan evaluasi dengan baik 12 siswa mampu melakukan keterampian inferensi dengan baik 13 siswa mampu melakukan keterampilan eksplanasi dengan baik dan 5 siswa mampu melakukan keterampilan regulasi diri dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa masih mengalami kendala dalam berpikir kritis. Diantara kendala siswa dalam berpikir kritis pada saat mengerjakan soal yang dibuat peneliti yaitu (1) siswa kurang menguasai konsep (2) siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal (3) siswa sulit menyadari kesalahan yang dilakukan (4) siswa tidak memahami inti dari soal. Kendala yang terjadi dapat diatasi dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan juga meningkatkan bentuk asesmen yang dibuat oleh guru. Dengan demikian diharapkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika dapat terbentuk dengan baik serrta keterampilan kognitif siswa dalam berpikir kritis dapat terasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322733

Actions (login required)

View Item View Item