Islami, Badrun (2022) Proses berpikir kritis siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal matematika / Badrun Islami</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan indikator berpikir kritis Facione. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa bergaya kognirif FD dan 2 orang siswa bergaya kognitif FI. Pemilihan subjek dilakukan dengan memberikan Group Embedded Figure Test (GEFT) kepada 30 orang siswa kelas VIII SMPN 5 Kota Bima. Instrumen penelitian ini berupa Tes Penyelesaian Soal Matematika (TPSM) dan pedoman wawancara. Data hasil TPSM dan wawancara dianalisis kemudian dideskripsikan secara kualitatif berupa kalimat tertulis. Hasil dari penelitian menunjukkan Pada tahap pertama siswa FD dapat menuliskan kembali informasi yang diberikan menggunakan bahasanya sendiri akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan siswa FI menuliskan kembali informasi yang diberikan menggunakan bahasanya sendiri dengan baik tanpa kendala apapun. Pada tahap kedua siswa FD mampu menemukan informasi baru dengan menghubungkan informasi-informasi yang telah diperoleh akan tetapi tidak memeriksa kembali ataupun mengecek apakah informasi yang dituliskan sudah tepat sedangkan siswa FI menemukan informasi baru dengan cara menghubungkan informasi-informasi yang telah diperoleh dengan pengetahuan sebelumnya. Pada tahap ketiga siswa FD mampu mengevaluasi informasi yang telah diperoleh menggunakan informasi-informasi pokok yang ditemukan sedangkan siswa FI mengevaluasi informasi yang telah diperoleh menggunakan informasi-informasi pokok yang ditemukan. Pada tahap keempat siswa FD maupun FI menuliskan kesimpulan dengan tepat disertai alasan untuk memperkuat kesimpulan yang diperoleh. Pada tahap kelima siswa FD tidak menuliskan semua informasi secara lengkap sedangkan siswa FI menuliskan semua informasi secara lengkap dan runtut. Pada tahap enam siswa FD maupun FI telah melakukan regulasi diri dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan ketepatan kesimpulan yang diperoleh siswa FD dan siswa FI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322728 |
Actions (login required)
View Item |