Pengembangan media ular tangga berorientasi literasi numerasi setting kooperatif berbasis QR-code / Sayyidati Fatimah Az-Zahroh</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media ular tangga berorientasi literasi numerasi setting kooperatif berbasis QR-code / Sayyidati Fatimah Az-Zahroh</p>

Az-zahroh, Sayyidati Fatimah (2022) Pengembangan media ular tangga berorientasi literasi numerasi setting kooperatif berbasis QR-code / Sayyidati Fatimah Az-Zahroh</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan matematika menjadi topik yang selalu hangat untuk diperbincangkan karena faktanya kemampuan matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini didukung oleh data PISA tahun 2018 yang menunjukkan bahwa Indonesia berada pada urutan ke-72 dari 79 negara terkait kemampuan literasi numerasi. Literasi numerasi bermakna keterampilan dan kecakapan seseorang dalam mengaplikasikan konsep dan aturan matematika dalam kehidupan nyata. Literasi numerasi tidak hanya kemampuan matematika saja namun juga kemampuan memahami dan terampil dalam menggunakan aturan matematika. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran untuk mendukung kemampuan literasi siswa pada materi bilangan yakni perpangkatan. Media yang dikembangkan berbentuk ular tangga yang dimodifikasi dengan menggunakan teknologi QR-Code. QR-Code menampilkan soal literasi yang harus diselesaikan siswa secara berkelompok sehingga pendekatan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan setting kooperatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Jatirejo yang sedang menempuh materi perpangkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media ular tangga yang valid praktis dan efektif. Kriteria valid didapatkan dari penilaian validator ahli dan pembelajaran. Kriteria praktis didapatkan dari angket respon guru dan siswa. Sedangkan kriteria efektif didapatkan dari hasil tes evaluasi minimal 80% siswa memenuhi skor ketuntasan minimal 72. Prosedur penelitian ini mengacu pada model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu (1) Fase Investigasi Awal (2) Fase Desain (3) Fase Realisasi (4) Fase Tes Revisi Evaluasi dan (5) Fase Implementasi. Pada penelitian ini prosedur tersebut dimodifikasi dan hanya dilakukan sampai fase keempat karena hanya terbatas untuk diujicobakan pada skala kecil sedangkan untuk fase implementasi dibutuhkan subjek pada skala yang lebih besar. Penelitian ini menghasilkan produk yang valid dengan skor kevalidan media ular tangga (3 95) skor kevalidan RPP (3 875) LKS (3 85) soal tes akhir evaluasi (3 85) angket respon guru (3 875) dan angket respon siswa (3 9375). Berdasarkan skor tersebut dapat disimpulkan bahwa media valid digunakan dalam pembelajaran. Skor kepraktisan didapatkan dari angket respon guru (3 9) dan angket respon siswa (3 16) sehingga dapat dikatakan produk yang dikembangkan mencapai kriteria praktis. Skor keefektifan didapat dari hasil tes evaluasi siswa. Tes tersebut menunjukkan bahwa 80% siswa tuntas dengan nilai minimal 72 sehingga produk tersebut memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan mencapai skor valid praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322718

Actions (login required)

View Item View Item