Profil berpikir kreatif siswa SMA dalam memecahkan masalah melalui pendekatan Open Ended / Yunita Susilawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil berpikir kreatif siswa SMA dalam memecahkan masalah melalui pendekatan Open Ended / Yunita Susilawati</p>

Susilawati, Yunita (2022) Profil berpikir kreatif siswa SMA dalam memecahkan masalah melalui pendekatan Open Ended / Yunita Susilawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kreatif yaitu pemikiran seseorang yang terarah atau tertuju terhadap konsepsi cara pandang proses dan cara yang baru untuk pemahaman permasalahan yang dihasilkan. Berpikir kreatif membantu individu menggali ide-ide dan berbagai proporsi. Sedangkan pemecahan masalah membantu menguatkan apa yang dipelajari. Profil berpikir kreatif dapat dideskripsikan berdasarkan tiga aspek yakni kelancaran (fluency) keluwesan (flexibility) dan kebaruan (originality). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa pada aspek kelancaran (fluency) keluwesan (flexibility) dan kebaruan (originality) dalam memecahkan masalah melalui pendekatan open ended. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. lokasi penelitian yaitu di Lombok pada salah satu sekolah jenjang Menengah Atas. Penelitian ini menggambarkan tentang deskripsi profil berpikir kreatif siswa dari lima siswa dalam memecahkan masalah melalui pendekatan open ended. Lima siswa yang dipilih terdiri atas satu siswa yang berada pada kategori berpikir kreatif tinggi dua siswa pada kategori berpikir kreatif sedang dan dua siswa pada kategori berpikir kreatif rendah. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan memberikan tugas pemecahan masalah menganalisis hasil tugas pemecahan masalah kemudian mengklasifikasikan siswa pada masing-masing kategori. Selanjutnya memilih siswa yang kemudian akan diwawancarai lebih lanjut untuk memperoleh informasi lebih banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu memenuhi aspek kelancaran ditandai dengan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan menjawab dengan sejumlah jawaban mempunyai banyak gagasan serta lancar dalam mengungkapkan gagasan dan jawabannya. Terkait aspek keluwesan ditandai dengan siswa mempunyai macam-macam cara atau pendekatan terhadap suatu masalah menerapkan suatu konsep atau asas dengan cara yang berbeda-beda dan jika diberikan suatu tugas biasanya menggunakan cara-cara yang berbeda untuk menyelesaikanya. Sedangkan aspek kebaruan ditandai dengan kemampuan siswa dalam menghasilkan gagasan unik yang diungkapkan secara tertulis berbeda dari siswa yang lain dalam menyelesaikan tugas dan siswa bekerja untuk menemukan penyelesaian tugas dengan cara yang baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322716

Actions (login required)

View Item View Item