Literasi matematika dalam menyelesaikan soal berkarakter pisa ditinjau dari gaya kognitif dan gender / Arnaningtyas Rofi\'i</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Literasi matematika dalam menyelesaikan soal berkarakter pisa ditinjau dari gaya kognitif dan gender / Arnaningtyas Rofi\'i</p>

Rofi'i, Arnaningtyas (2022) Literasi matematika dalam menyelesaikan soal berkarakter pisa ditinjau dari gaya kognitif dan gender / Arnaningtyas Rofi\'i</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi pendahuluan pada penelitian ini menjelaskan bahwa peserta didik belum mampu merumuskan informasi pada soal tidak dapat menggunakan konsep matematika dan tidak dapat menginterpretasikan hasil yang diperoleh dan terdapat pengaruh dari karakteristik setiap peserta didik dalam menerima mengolah dan membuat keputusan dalam hal ini kaitannya dengan gaya kognitif dan gender. Hal tersebut berkaitan dengan literasi matematika yaitu kemampuan peserta didik untuk bernalar secara matematis berkaitan dengan tiga tahapan merumuskan (formulate) menggunakan (employ) dan interpretasi (interprete) matematika untuk menyelesaikan masalah dalam beragam konteks dunia nyata dalam penelitian ini adalah soal berkarakter PISA ditinjau dari gaya kognitif dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika berdasarkan tiga tahapan literasi matematika yaitu merumuskan (formulate) menggunakan (employ) dan interpretasi (interprete) dalam menyelesaikan soal berkarakter PISA ditinjau dari gaya kognitif dan gender. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai november tahun 2022 di SMP Negeri 1 Srengat. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Subjek pada penelitian berjumlah 4 peserta didik kelas VIII. Cara pemilihan subjek dengan memberikan GEFT kepada 31 peserta didik kemudian dipilih masing-masing 2 subjek dari 2 tipe gaya kognitif field dependent dan field independent. 2 subjek diambil berdasarkan perbedaan gender dengan karakteristik gaya kognitif sama. Subjek dengan tipe gaya kognitif field dependent dipilih dengan skor terkecil dan field independent dengan skor terbesar untuk masing-masing gender. Dari hasil penelitian deskripsi literasi matematika peserta didik terbagi menjadi 4 kategori. Literasi matematika peserta didik laki-laki dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi dua indikator pada tahap merumuskan (formulate). Literasi matematika peserta didik perempuan dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi dua indikator pada tahap merumuskan (formulate). Literasi matematika peserta didik laki-laki dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi semua indikator dari ketiga tahapan literasi matematika dengan menggunakan satu cara penyelesaian. Literasi matematika peserta didik perempuan dengan gaya kognitif field independent mampu pada memenuhi semua indikator dari ketiga tahapan literasi matematika dengan menggunakan lebih dari satu cara penyelesaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322715

Actions (login required)

View Item View Item