Kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi AKM ditinjau dari kepribadian (introver dan ekstrover)) / Nurma Wahyu Utami</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi AKM ditinjau dari kepribadian (introver dan ekstrover)) / Nurma Wahyu Utami</p>

Utami, Nurma Wahyu (2022) Kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi AKM ditinjau dari kepribadian (introver dan ekstrover)) / Nurma Wahyu Utami</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi matematis tertulis adalah kemampuan penyampaian gagasan dalam bentuk tulisan yang meliputi kosa kata simbol notasi gambar dan diagram antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami. Komunikasi matematis tertulis memiliki peran penting dalam penyelesaian masalah matematika salah satunya masalah Numerasi AKM. Studi Pendahuluan yang dilaksanakan di salah saru MTsN di Kota Malang menunjukkan bahwa siswa dapat memunculkan aspek komunikasi matematis tertulis pada hasil penyelesaian masalah numerasi AKM. Siswa dengan kecenderungan pendiam dan siswa yang cenderung aktif yang dijadikan sebagai subjek studi pendahulian memiliki cara menyajian penyelesaian masalah yang berbeda. Berdasar pada hal tersebut peneliti fokus mengkaji aspek menulis (writing) ekspresi matematika (mathematical expression) dan menggambar (drawing) dari kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi AKM yang ditinjau dari kepribadian (introver dan ekstrover). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Subjek penelitian ini ialah 6 siswa kelas IX-M di salah satu MTsN di Kota Malang. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa introver dan 3 siswa ekstrover dengan kemampuan komunikasi matematis tertulis tinggi sedang dan rendah. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes kepribadian (MBTI) tes numerasi AKM dan wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian ini meliputi siswa introver dan ekstrover dengan kemampuan komunikasi matematis tertulis tinggi dapat memunculkan tiga aspek komunikasi matematis tertulis. Siswa introver dengan kemampuan komunikasi matematis tertulis sedang dapat memunculkan aspek komunikasi matematis tertulis berupa menulis dan menggambar sedangkan siswa berkepribadian ekstrover dapat memunculkan aspek menulis dan ekspresi matematika. Bagi siswa berkepribadian introver dengan kemampuan komunikasi matematis rendah mampu memunculkan aspek menulis dengan sempurna sedangkan siswa berkepribadian ekstrover memunculkan aspek menggambar dan ekspresi matematika. Secara umum kepribadian dapat memberi pengaruh dalam kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang dapat dilihat penyajian dalam menyelesaikan masalah numerasi AKM dalam keadaan tertentu. Siswa introver lebih banyak memunculkan aspek menulis (writing) sedangkan siswa ekstrover dominan pada aspek menggambar (drawing). Perbedaan tersebut berdasar atas kemampuan setiap individu dalam menelusuri kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam menyelesaikan masalah numerasi AKM yang disajikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322712

Actions (login required)

View Item View Item