Rahmawati, Azizah Nur Laily (2022) Kemampuan translasi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah berbasis hots di SMA Kabupaten Lamongan / Azizah Nur Laily Rahmawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Translasi merupakan suatu proses mentransformasikan informasi yang termuat dalam suatu representasi (sumber) ke representasi yang lain (target). Kemampuan siswa untuk melakukan translasi representasi diperlukan dalam proses pembelajaran. Proses translasi matematis dapat dijabarkan dalam empat aktivitas yakni Unpacking the Source Preliminary Coordination constructing the target dan Determining Equivalence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses translasi representasi matematis dari grafik ke simbolik tabel ke simbolik dan verbal ke simbolik berbasis HOTS pada siswa kelas XI SMA Kabupaten Lamongan dalam menyelesaikan fungsi kuadrat. Penelitian dilaksanakan dengan subjek penelitian enam siswa kelas XI yang telah mempelajari konsep fungsi kuadrat. Data yang dikumpulkan yaitu uji tes soal masalah berbasis HOTS dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji tes soal pada masalah translasi matematis berbasis HOTS dan pedoman wawancara. Analisis data difokuskan pada empat aktivitas translasi matematis yang kemudian dikategorikan sesuai dengan komponen translasi representasi (kategori tinggi sedang dan rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa translasi representasi matematis dari grafik ke simbolik dapat dilakukan dengan baik dan lengkap oleh subjek kelompok tinggi sedangkan kelompok sedang dan rendah belum cukup baik dalam mengontruksikan target. Kesalahan yang sering dilakukan subjek kelompok sedang dan rendah adalah kesalahan implementasi. Sedangkan pada translasi dari tabel ke simbolik dilakukan dengan tuntas oleh subjek kelompok tinggi namun kelompok sedang dan rendah menunjukkan adanya kesalahan pemahaman dari tabel yang diberikan sehingga belum dapat melakukan aktivitas konstruksi target. Translasi matematis dari verbal ke simbolik hanya dapat dilakukan dengan tuntas oleh subjek kelompok tinggi sedangkan kelompok sedang dan rendah tidak menunjukkan adanya proses konstruksi target dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |