Astuti, Ririn Novia (2022) Identitas matematis: studi kasus pada siswa dyscalculia / Ririn Novia Astuti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Astuti Ririn Novia. 2022. Identitas Matematis Studi Kasus pada Siswa Dyscalculia. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Rustanto Rahardi M.Si. Kata Kunci identitas matematis dyscalculia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identitias matematis siswa dyscalculia. Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas 7 SMP Negeri 18 Kota Malang yang mengalami dyscalculia. Instrumen penelitian terdiri dari angket identitas matematis dan pedoman wawancara. Subjek diminta untuk mengisi angket identitas matematis berdasarkan pengalaman yang dirasakan kemudian dilakukan wawancara yang berkaitan dengan isian angket untuk mengonfirmasi identitas matematis pada siswa dyscalculia. Identitas matematis yang akan dibahas pada penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu persepsi diri terhadap kompetensi matematis persepsi diri terhadap partisipasi matematis dan persepsi diri terhadap komitmen dan ambisi untuk berhasil dalam matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi diri subjek terhadap kompetensi matematis tidak sepenuhnya negatif. Hal ini dapat ditunjukkan dengan pernyataan bahwa subjek menikmati menyukai dan tidak merasa bosan ketika belajar matematika di kelas khusus inklusi. Walaupun subjek masih merasa bingung dan kesulitan dalam mengikuti materi matematika di kelas umum dan belum memahami pentingnya matematika saat dewasa. Persepsi diri subjek terhadap partisipasi matematis masih kurang dikarenakan subjek mengalami dyscalculia sehingga membutuhkan bimbingan yang berkelanjutan dari guru dan orang tua. Partisipasi yang dilakukan guru dan orangtua merupakan inisiatif sendiri karena subjek yang mengalami dyscalculia sebenarnya akan mengerjakan tugas tanpa menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti. Subjek tidak bertanya mengenai kesulitan yang dihadapi sehingga guru dan orangtua dengan sadar menolong subjek dalam proses pembelajaran ataupun saat mengerjakan tugas matematika. Persepsi diri subjek terhadap komitmen dan ambisi untuk berhasil dalam matematika yaitu tidak takut terjadi kegagalan kurang gigih dala menyelesaikan ujian sulit berinisiatif untuk menemukan hal baru tidak takut bertanya dan meminta bantuan dan kurang bekerja keras dalam ujian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322707 |
Actions (login required)
View Item |