Kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas XI pada materi lingkaran ditinjau dari self efficacy siswa / Ninik Diah Wulandari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas XI pada materi lingkaran ditinjau dari self efficacy siswa / Ninik Diah Wulandari</p>

Wulandari, Ninik Diah (2022) Kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas XI pada materi lingkaran ditinjau dari self efficacy siswa / Ninik Diah Wulandari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi matematis merupakan hal yang penting sebab komunikasi merupakan aktivitas yang tidak mungkin lepas dari kehidupan manusia. komunikasi matematis mampu membantu siswa mengkomunikasikan ide/gagasan matematika dengan merepresentasi mendengar membaca diskusi dan menulis pada pembelajaran matematika. Berdasarkan tes kemampuan awal dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan siswa masih tergolong rendah. Salah satu faktor penting dalam berkomunikasi adalah adanya keperayaan diri atau self efficacy. Self efficacy penting untuk menunjang terlaksananya komunikasi matematis baik secara lisan maupun tulis. Self efficacy dikatakan rendah jika siswa tidak memiliki keyakinan dengan menunjukkan perilaku menyerah saat menemui kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Lunenburg (2011) menyatakan bahwa terdapat tiga komponen self efficacy yaitu a) magnitude mengacu pada keyakinan pada tingkat kesulitan tugas yang dapat diatasi b) strength mengacu pada kesadaran akan kelemahan dan kekuatan dirinya dan c) generality mengacu pada tingkat harapan seseorang terhadap situasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI pada materi lingkaran ditinjau dari self efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kamal Kabupaten Bangkalan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes lembar angket self efficacy dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya angket self efficacy tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan self efficacy tinggi mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis tulis dan lisan siswa siswa dengan self efficacy sedang mampu memenuhi tiga dari enam indikator komunikasi matematis tulis dan lisan siswa siswa dengan self efficacy rendah mampu memenuhi dua dari enam indikator komunikasi matematis tulis dan lisan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322703

Actions (login required)

View Item View Item