'athiyah, Faiqatul (2022) Analisis proses berpikir siswa dengan mathematical resilience tinggi dalam mengerjakan soal tipe numerasi / Faiqatul \'Athiya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir merupakan aktivitas kognitif yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari ataupun pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskrisikan proses berpikir siswa dengan mathematical resilience (MR) tinggi dan faktor yang melatarbelakanginya. Mathematical resilience disebut sebagai sikap positif yang membuat seseorang mampu beradaptasi dengan baik ketika dihadapkan dengan kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yaitu mendeskripsikan seorang siswa yang dianggap memiliki kasus yang unik jika dibandingkan dengan hasil penelitian sebelumnya. Instrumen yang digunakan berupa tes soal tipe numerasi pedoman wawancara dan kuesioner mathematical resilience untuk mengetahui tingkat MR siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada tahap menyelesaikan soal siswa dengan mathematical resilience tinggi masih belum bisa mengekspresikan proses berpikir secara tertulis. faktor yang menyebabkan proses berpikir siswa mathematical resilience (MR) tinggi masih belum dapat menunjukkan poses berpikir ketika menyelesaikan soal dengan tipe numerasi adalah (1) pembiasaan yang mengutamakan kepada kebenaran hasil (2) pengalaman sebelumnya terkait tipe soal yang diberikan (3) pemahaman terhadap konsep matematika (4) guru tidak terbiasa memberika feedback dan (5) rutinitas membuat pemikiran terlihat (visible thinking routine) pada tugas tertulis masih belum diterapkan selama pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322702 |
Actions (login required)
View Item |