Setyowati, Sulis (2022) Analisis commognitive siswa dalam menyelesaikan masalah lingkaran ditinjau dari gaya belajar / Sulis Setyowati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Commognitive merupakan komunikasi interpersonal dan pemikiran individu yang menjadi suatu proses kesatuan dan dinyatakan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Salah satu faktor yang mempengaruhi commognitive siswa dalam menyelesaikan masalah yaitu gaya belajar. Gaya belajar merupakan kecenderungan seseorang dalam menerima dan memproses informasi saat belajar. Setiap siswa memiliki kecenderungan belajar yang berbeda-beda sehingga siswa memiliki perbedaan pada gaya belajarnya. Perbedaan gaya belajar yang dimiliki oleh setiap siswa mempengaruhi commognitive siswa karena tiap siswa memiliki pemahaman dan caranya sendiri dalam berpikir untuk mengekspresikan pemahaman atau ide-ide mereka. Oleh karena itu perlu dilakukan studi yang berkaitan dengan commognitive siswa dalam menyelesaikan masalah lingkaran yang ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis commognitive siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pakisaji dengan subjek penelitian 6 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi 2 subjek dengan gaya belajar visual 2 subjek dengan gaya belajar auditorial dan 2 subjek dengan gaya belajar kinestetik. Terdapat tiga proses yang dilakukan untuk memilih subjek penelitian yaitu pemberian angket gaya belajar pemberian soal penyelesaian masalah dan wawancara. Hasil dari penelitian subjek visual dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan keempat komponen commognitive yaitu penggunaan kata mediator visual narasi dan rutinitas. Subjek visual menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada masalah secara jelas dan detail dengan menggunakan penggunaan kata. Subjek visual menggunakan mediator visual untuk merepresentasikan masalah ke dalam bentuk gambar berupa gambar lingkaran dengan jelas. Subjek visual menggunakan narasi dalam menyelesaikan masalah lingkaran dengan menuliskan rumus luas daerah lingkaran dan keliling lingkaran dengan tepat serta menuliskan alasan penggunaan rumus tersebut. Subjek visual menuliskan rutinitas atau tahapan-tahapan yang digunakannya secara lengkap urut dan jelas. Akan tetapi subjek visual kesulitan dalam mengutarakan apa yang sudah dikerjakan secara jelas karena subjek visual lebih mudah dan terbiasa menyelesaikan masalah dalam bentuk tulisan daripada lisan. Subjek auditorial dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan tiga komponen commognitive yaitu penggunaan kata narasi dan rutinitas. Subjek auditorial ketika menuliskan informasi yang didapatkan dari masalah dan perintah yang diminta dari masalah hanya dituliskan secara singkat. Subjek auditorial menggunakan narasi dengan menuliskan rumus luas daerah lingkaran dan keliling lingkaran secara tepat benar. Subjek auditorial menuliskan rutinitas berupa langkah-langkahnya secara benar meskipun hanya menuliskan penyelesaiannya secara singkat dan tidak berbelit-belit. Subjek auditorial mampu menjelaskan secara lisan dengan sangat jelas dan baik sebab subjek auditorial memiliki kemampuan berbicara yang fasih dan baik. Subjek kinestetik dalam menyelesaikan masalah menggunakan keempat komponen commognitive yaitu penggunaan kata mediator visual narasi dan rutinitas. Subjek kinestetik hanya menuliskan secara singkat apa yang diketahui dan ditanyakan dari masalah dengan menggunakan kalimat bahasanya sendiri serta ada sebagian juga yang tidak menuliskan apa yang diketahui dari masalah dan ditanyakan dari masalah juga. Subjek kinestetik menggunakan mediator visual dengan membuat sketsa gambar meskipun kurang detail dan rapi. Subjek kinestetik menuliskan narasi rumus lingkaran dengan benar. Subjek kinestetik menuliskan rutinitas berupa langkah-langkah penyelesaian yang menurut mereka penting saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322698 |
Actions (login required)
View Item |