Metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Wiwin Indah Lestari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Wiwin Indah Lestari</p>

Lestari, Wiwin Indah (2022) Metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Wiwin Indah Lestari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang sangat penting di dalam kesuksesan program pendidikan. Dengan mempelajari matematika dapat membantu siswa dalam proses penyelesaian masalah pada kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan teorinya Schoenfeld yang didalamnya memuat komponen-komponen (1) Pengetahuan mengenai proses berpikir (2) Kesadaran diri (self-regulation) (3) Keyakinan dan Intuisi. Masalah dan karakteristik utama yang menjadi pemilihan dalam penelitian ini adalah adanya unsur yang belum dapat dilakukan oleh siswa terkait komponen metakognisi. Sehingga perlu dilakukan analisis metakognisi dalam melakukan penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melihat adanya fenomenologi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tajinan dengan subjek empat siswa di kelas VIII. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata aktivitas dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes penyelesaian masalah matematika dan wawancara. Siswa melakukan aktivitas metakognisi (1) pada komponen pengetahuan mengenai proses berpikir siswa melakukan aktivitas dengan menandai kata yang penting pada masalah sebagai informasi menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari masalah (2) pada komponen kesadaran diri (Self-regulation) dengan menuliskan formula dari masalah sebagai syarat untuk menentukan langkah yang digunakan membuat hubungan antara hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari masalah serta mampu mengurutkan jawaban dari setiap pertanyaan berdasarkan syarat sebelumnya (3) pada komponen keyakinan dan intuisi dengan melakukan pengecekan kembali pada jawaban yang telah diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322697

Actions (login required)

View Item View Item