Agustina, Natalia Putri Dwi (2022) Koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi kuadrat ditinjau dari kemampuan matematika / Natalia Putri Dwi Agustina</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ilmu matematika terdiri dari beberapa konsep yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya dan membuat matematika tidak dapat dipelajari secara terpisah. Kemampuan siswa menghubungkan antar konsep/ide-ide dalam matematika disebut dengan koneksi matematis siswa. Dengan koneksi matematika yang bagus siswa akan lebih mudah mengembangkan pengetahuan yang dimiliki baik pada saat mempelajari suatu hal baru ataupun pada saat menyelesaikan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan matematika tinggi berhasil membangun keterkaitan antar konsep/ide-ide dalam matematika saat menyelesaikan masalah. Subjek dapat mengaitkan fakta pada masalah yang diberikan dengan konsep pemodelan aljabar pertidaksamaan aljabar dan konsep fungsi kuadrat untuk menolong subjek memahami masalah dan menuliskan prosedur penyelesaian. Selanjutnya subjek membangun keterkaitan antar konsep menggambar grafik dengan konsep persamaan aljabar pemfaktoran aljabar serta menggunakan prinsip mencari titik-titik penting pada grafik fungsi kuadrat serta menggunakan konsep bidang cartesius untuk menyelesaikan masalah. Subjek berkemampuan tinggi dapat membangun keterkaitan antara objek-objek dalam matematika yang bervariasi yaitu fakta ide/konsep serta proses matematika yang terjadi pada saat menyelesaikan masalah. Pada siswa berkemampuan matematika sedang ditemukan siswa dengan penguasaan konsep fungsi kuadrat yang kurang gagal dalam membangun koneksi antar konsep/ide dalam matematika sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan masalah dengan benar. Kegagalan siswa dalam membangun koneksi terlihat pada saat siswa tidak memahami keterkaitan antara prosedur penyelesaian yang ditulis dengan pertanyaan yang diberikan. Siswa tidak memahami kegunaan setiap prosedur menggambar grafik yang telah dituliskan untuk menganalisis jawaban yang berakibat siswa menggunakan prosedur yang salah untuk menganalisis jawaban sehingga menghasilkan penyelesaian yang salah pula. Pada siswa berkemampuan matematika kurang kegagalan siswa dalam membangun koneksi terlihat dari tahap memahami masalah dimana subjek tidak memahami konsep apa yang digunakan pada masalah yang diberikan. Kegagalan subjek membangun koneksi berlanjut pada langkah selanjutnya dimana subjek tidak memahami makna dari variabel yang digunakan pada prosedur penyelesaian yang mengakibatkan subjek asal dalam melakukan perhitungan dan langsung menggunakan hasil dari perhitungan variabel untuk menganalisis jawaban. Hal ini disebabkan subjek memiliki pengetahuan dan penalaran terhadap konsep fungsi kuadrat yang kurang sehingga gagal membangun koneksi matematis antara masalah yang diberikan dengan konsep matematika yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322696 |
Actions (login required)
View Item |