Islami , Kurniansyah Ade (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar siswa / Kurniansyah Ade Islami</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Islami Kurniansyah Ade. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susiswo M.Si. (II) Dr. Sisworo S.Pd M.Si. Kata kunci Pemecahan Masalah Matematika Gaya Belajar Persamaan Lingkaran Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIPA pada materi persamaan lingkaran dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya adalah gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar dominan visual ndash kedua auditorial (2) mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar dominan visual ndash kedua kinesteteik (3) mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya belajar dominan auditorial ndash kedua visual (4) mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya belajar dominan auditorial-kedua kinestetik (5) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya belajar dominan kinestetik ndash kedua visual (6) mendeskripsikan kemampuan pemecahan maslah matematis siswa dengan gaya belajar dominan kinestetik ndash kedua auditorial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena pada penilitian ini peneliti meneliti subjek secara mendalam untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis subjek. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Buleleng Bali pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian pada penelitian ini adlaah 6 orang siswa kelas XI MIPA yang memiliki gaya belajar berbeda-beda. Setiap subjek dipilih berdasaarkan skor tertinggi pada kelompok gaya belajarnya dalam tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pemilihan subjek pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang diperoleh berupa hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaiakan soal tes pemecahan masalah matematis data hasil wawancara dengan siswa dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil peneliitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa siswa dengan skor tes pemecahan masalah tertinggi pada enam kelompok gaya belajar yang berbeda memiliki kemampuan yang hampir sama pada tahap memahami merencanakan dan melaksanakan pemecahan maslah. Perbedaannya hanya pada hasil pada lembar jawaban ada siswa yang menuliskan secara terperinci ada yang tidak. Sedangkan pada tahap evaluasi selain siswa dengan gaya belajar dominan kinestetik-kedua auditorial yang kurang mampu dalam menghadapi kejadian tidak terduga dan siswa denan gaya belajar dominan auditorial ndash kedua visual yang tidak teliti dalam memeriksa kembali hasil penyelesaian keempat siswa yang cukup baik pada tahap evaluasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |