Khairunnisa', Ana (2022) Identitas matematis siswa dalam diskusi kelompok kecil / Ana Khairunnisa\'</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Identitas merupakan pandangan mengenai suatu undividu yang berkaitan dengan kehidupan dan lingkungan yang membuat seseorang memahami dan memposisikan diri melalui cerita ataupun tindakan. Identitas digunakan sebagai lensa untuk memahami bagaimana seseorang diposisikan oleh orang lain. Seseorang yang terlibat dalam kelas matematika dikatakan memiliki identitas matematis. Konsep identitas matematis digunakan untuk mengetahui keterlibatan siswa dalam kelas matematika. Keterlibatan siswa salah satunya dapat diamati melalui pengaturan kegiatan belajar seperti diskusi kelompok kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan identitas matematis siswa selama kegiatan diskusi dengan pengaturan kelompok kecil. Hal yang diamati selama diskusi berlangsung adalah perilaku ataupun tindakan siswa yang merujuk pada enam komponen identitas matematis yakni nilai kepentingan matematika motivasi strategi dalam menyelesaikan masalah peluang untuk berpartisipasi rintangan atau hambatan serta kapasitas kemampuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kotaanyar. Teknik pengumpulan data yang pertama kali dilakukan yakni observasi awal dilanjutkan dengan memberikan soal tes untuk mengetahui kemampuan serta identitas matematis awal siswa kemudian dibentuk kelompok diskusi dan dilakukan pengamatan mengenai identitas matematis serta melakukan wawancara. Data penelitian yang dikumpulkan berupa hasil tes lembar kerja hasil diskusi kelompok lembar pengamatan diskusi kelompok serta hasil wawancara. Data tersebut kemudian ditabulasi dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa identitas matematis dikategorikan kedalam tiga tingkatan yakni tinggi sedang dan rendah. Siswa berkategori tinggi memiliki rasa ketertarikan ketika mempelajari matematika aktif berdiskusi menggunakan strategi khusus dalam menyelesaikan tugas memanfaatkan kegiatan diskusi untuk membagi pengetahuan dan bekerjasama dalam menghadapi rintangan ataupun kesulitan serta mampu menjelaskan hasil diskusi secara tepat. Siswa dengan kategori sedang memiliki alasan tertentu untuk berpartisipasi dalam kegiatan diskusi seperti keharusan ataupun pembuktian terlihat netral selama disksusi berlangsung memilih mengerjakan sebagian tugas memanfaatkan kesempata bertanya untuk memperoleh pemahaman baru mengatasi kesulitan dengan cara berkerjasama dan memiliki kapasitas kemampuan yang sedang. Sementara siswa pada kategori rendah lebih menghindari pelajaran matematika kurang memiliki motivasi untuk terlibat dalam diskusi dan pasif menunggu hasil diskusi sebagai bentuk dari strategi kurang memanfaatkan kesempatan untuk bertanya dan meminta bantuan tidak ada upaya dalam menghadapi rintanga ataupun kesulitan serta kemampuan yang dimiliki berada pada tingkatan rendah. Dari kegiatan diskusi juga terdapat temuan yang menunjukkan adanya perubahan pada identitas matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322688 |
Actions (login required)
View Item |