Liulinuha, Ulin (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial berdasarkan newman ditinjau dari adversity quotient. / Ulin Liulinuha</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyelesaian masalah merupakan salah satu standar proses dalam pembelajaran matematika. Karena itu hal penting yang perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah memberikan masalah kepada siswa untuk diselesaikan. Akan tetapi fakta di lapangan menyatakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih tergolong rendah terutama pada masalah aritmetika sosial. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara dengan guru matematika dan hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 26 Malang bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial. Alternatif cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa yaitu dengan menganalisis kesalahan siswa menggunakan prosedur Newman. Selain itu perlunya juga mengetahui kemampuan siswa dalam menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan masalah yaitu dengan Adversity Quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial berdasarkan Newman ditinjau dari Adversity Quotient. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian ditentukan melalui pemberian angket ARP pada dua kelas yaitu siswa kelas VII A dan VII D SMP Negeri 26 Malang dengan subjek yang terpilih 6 siswa yaitu 2 camper 2 transisi camper ke climber dan 2 climber. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tes wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan angket ARP (Adversity Response Profil) tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa camper gagal dalam menangkap informasi penting yang terdapat dalam masalah aritmetika sosial (reading error) sehingga siswa camper tidak menuliskan informasi secara lengkap karena gagal dalam memahami maksud dari masalah yang diberikan (comprehension error). Hal ini menyebabkan siswa camper gagal dalam mengembangkan kalimat dalam bentuk model matematika (transformation error) selanjutnya pada proses perhitungan siswa camper juga mengalami kesalahan karena kurang teliti (process skill error). Kesalahan pada proses perhitungan menyebabkan siswa camper gagal dalam menentukan jawaban akhir (encoding error). Siswa transisi camper ke climber memahami maksud soal akan tetapi melakukan kesalahan dalam membuat model matematika (transformation error) kesalahan dalam mensubtitusikan dan kesalahan dalam proses perhitungan (process skill error). Kesalahan perhitungan tersebut disebabkan karena siswa mengalami kesalahan dalam membaca simbol perkalian yang digunakan untuk menyelesikan masalah (reading error) kesalahan pada tahap sebelumnya menyebabkan kesalahan dalam menentukan jawaban akhir (encoding error). Siswa climber memahami maksud soal akan tetapi kesulitan ketika mengembangkan masalah dalam bentuk model matematika (transformation error). Selain itu siswa climber juga mengalami kesalahan dalam proses perhitungan (process skill error). Kegagalan pada proses perhitungan tersebut menyebabkan siswa climber mengalami kesalahan dalam menulis jawaban akhir (encoding error).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322686 |
Actions (login required)
View Item |