Strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah open ended ditinjau dari gender / Dwiayu Setyani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah open ended ditinjau dari gender / Dwiayu Setyani</p>

Setyani, Dwiayu (2022) Strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah open ended ditinjau dari gender / Dwiayu Setyani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses berpikir siswa untuk memantau kemampuan diri sendiri atau mengetahui tentang pengetahuan diri sendiri disebut metakognitif. Metakognitif merupakan proses berpikir tentang apa yang dipikirkan. Metakognitif digunakan siswa untuk memahami masalah memilih strategi solusi yang tepat dan mengevaluasi keefektifan strategi serta memastikan bahwa jawaban yang didapatkan sesuai. Dalam menyelesaikan masalah matematika dibutuhkan strategi metakognitif untuk mengontrol aktivitas kognitif. Strategi metakognitif merupakan proses yang digunakan untuk mengontrol aktivitas kognitif untuk memastikan bahwa tujuan tercapai melalui aktivitas kognitif. Strategi metakognitif terdiri dari tiga proses yaitu perencanaan pemantauan dan evaluasi. Kemampuan penyelesaian masalah siswa berbeda-beda. Siswa laki-laki dan perempuan juga mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal tersebut dipengaruhi oleh pemahaman siswa. Permasalahan yang sulit dipahami oleh siswa yaitu mengenai soal cerita. Peneliti menggunakan materi segiempat dalam bentuk soal cerita. Peneliti menggunakan masalah open ended untuk membuat siswa berpikir luas karena tidak menggunakan prosedur rutin dalam menyelesaikan masalah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah open ended yang ditinjau dari gender. Subjek pada penelitian ini yaitu enam subjek dengan kemampuan matematika tinggi sedang dan rendah yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. Data penelitian yang dikumpulkan yaitu hasil tes hasil kuesioner dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah open ended memenuhi semua tahap strategi metakognitif yaitu perencanaan pemantauan dan evaluasi. Siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah open ended melakukan tahap perencanaan dan pemantauan dengan lengkap. Siswa laki-laki berkemampuan sedang tidak melakukan evaluasi pada jawaban yang diperoleh. Sedangkan siswa perempuan berkemampuan sedang melakukan tahap evaluasi. Siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah open ended melakukan tahap perencanaan dan pemantauan tetapi ada beberapa indikator yang tidak terpenuhi. Siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan rendah tidak melakukan tahap evaluasi yaitu tidak memeriksa kembali langkah yang digunakan dan hasil jawaban yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322685

Actions (login required)

View Item View Item