Farida, Rohmah Nila (2022) Analisis literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berkarakter pisa pada materi SPLDV ditinjau dari gaya belajar / Rohmah Nila Farida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi matematis merupakan kapasitas individu dalam merumuskan menggunakan dan menginterpretasikan matematika dalam berbagai konteks dunia nyata. Salah satu faktor yang mempengaruhi capaian literasi matematis siswa adalah gaya belajar. Studi pendahuluan yang dilakukan di MTsN 3 Pasuruan menunjukkan bahwa siswa memiliki keberagaman tingkat ketercapaian literasi matematis dalam menyelesaikan masalah. Siswa yang dijadikan subjek pada studi pendahuluan memiliki ketercapaian literasi matematis yang berbeda dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan fokus untuk mengkaji proses literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berkarakter PISA pada materi spldv ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2022. Subjek Penelitian adalah 6 siswa kelas IX-MTsN 3 Pasuruan yaitu 2 siswa bergaya belajar auditori 2 siswa bergaya belajar visual dan 2 siswa bergaya belajar kinestetik. Data dianalisis melalui tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) subjek gaya belajar visual mencapai semua indikator pada proses literasi matematis merumuskan menerapkan dan menafsirkan amp mengevaluasi dalam menyelesaikan soal berkarakter pisa pada materi spldv. (2) subjek auditori mencapai semua indikator pada proses literasi matematis merumuskan dan menerapkan. Pada proses menafsirkan amp mengevaluasi subjek gaya belajar auditori tidak dapat mengevaluasi kewajaran solusi matematika dalam konteks masalah dunia nyata. (2) subjek kinestetik mencapai semua indikator pada proses literasi matematis merumuskan. Pada proses menerapkan subjek melakukan kesalahan pada proses perhitungan sehingga solusi penyelesaian masalah yang didapat tidak tepat. Pada proses menafsirkan amp mengevaluasi subjek kinestetik tidak dapat mengevaluasi kewajaran solusi matematika dalam konteks masalah dunia nyata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322683 |
Actions (login required)
View Item |